Sukses

Stok Aman, Tak Ada Lagi Antrean Plasma Konvalensen di Surabaya

Kabag pelayanan dan humas UTD PMI Kota Surabaya Martono Adi Triyo mengungkapkan, ketersediaan stok darah plasma konvalesen di Surabaya masih aman.

Liputan6.com, Surabaya - Kabag pelayanan dan humas UTD PMI Kota Surabaya Martono Adi Triyo mengungkapkan, ketersediaan stok darah plasma konvalesen di Surabaya masih aman. Hal tersebut didapat, salah satunya menggandeng beberapa perusahaan yang mengelar donor darah.

Martono mengatakan, selama hampir dua tahun pandemi Covid-19, pihaknya telah menyalurkan sekitar 13 ribu kantong darah plasma konvalesen dari berbagai golongan darah. Dan sampai saat ini tersedia sekitar 35 kantong plasma darah.

“Dan mungkin hari ini kita ada stok, walaupun tidak banyak mungkin masing-masing golongan kurang lebih sekitar 35 sampai 40 dari masing-masing golongan darah,” kata Martono usai acara screening donor darah plasma konvalesen di PT Rembaka, Berbek Industri Surabaya, Sabtu (7/8/2021).

Martono melanjutkan, pasien Covid-19 di Surabaya tidak perlu khawatir akan ketersedian stok darah plasma konvalesen, karena stoknya masih tersedia dan asalkan tidak terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19.

“Sampai kemarin antrean untuk Kota Surabaya sudah tidak ada, tapi untuk luar kota masih ada sekitar 125 pasien yang belum kita layani," ucapnya.

"Jadi mungkin untuk permintaan plasma konvalesen untuk hari ini maupun seterusnya, saya rasa tidak perlu khawatir bagi warga Kota Surabaya karena kita memang ada stok, dan ditambah lagi ada kegiatan donor plasma maupun donor darah dari perusahaan-perusahaan," ujar Martono.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Perusahaan

Wakil Direktur PT Rembaka Johanes Tangguh menjelaskan, pihaknya melihat PMI sangat membutuhkan darah plasma konvalesen, sehingga pihaknya mengajak seluruh direksi dan karyawannya mengikuti screening plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19. Dan yang belum pernah terkena Covid-19, diarahkan donor darah biasa.

“Karyawan kita kumpulkan siapa yang mau ikut donor, karena PMI saat ini kan sangat butuh darah dan plasma konvalesen,” ujar Johanes.

Kegiatan donor plasma ini diikuti sekitar 101 orang dari keseluruhan karyawan dan direksi PT Rembaka, PT Surya Dermato Medica Lab, PT Eskol Surya Anugerah, PTbSKS dan diharapkan dari jumlah tersebut dapat terkumpul 25 kantong darah plasma.

“Nanti itu tergantung juga dari screeningnya,” ucap Johanes.

Senada dengan Johanes, Direktur PT Surya Dermato Medica Laboratories, Kuncoro Tanudirjo menambahkan, donor plasma konvalesen ini penting sekali karena dibutuhkan, supaya orang-orang yang kena Covid-19 bisa sembuh.

"Saling membantulah. Jadi, saya pesan orang-orang yang pernah kena Covid-19 dan sudah sembuh, supaya mendonorkan plasmanya pada yang membutuhkan,” ujar Kuncoro.

Salah seorang direksi yakni Eka Rahmat Setiadi yang juga penyintas Covid-19 mengaku berniat mendonorkan plasma darahnya karena ingin membantu pasien yang sedang berjuang dan ingin sembuh dari virus corona. "Kegiatan ini sangat penting sekali untuk dilakukannya," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.