Sukses

Padi Siap Panen Diserang Wereng, Petani Bojonegoro Tekor

Menurutnya serangan hama wereng yang saat ini terjadi membuat tanaman padi pada mengering dan bulirnya pada kosong alias gabuk.

Liputan6.com, Surabaya - Petani Desa Kedungrejo Bojonegoro terancam merugi, padi yang siap panen diserbu hama wereng.

Bambang, salah satu petani mengatakan, hampir semua tanaman padi di daerahnya yang saat ini sudah memasuki masa panen diserang hama wereng. Kondisi itu, membuatnya jadi khawatir.

"Akan mempengaruhi harga jual beli padi, petani akan merugi," ujar Bambang, Senin (7/2/2022).

Menurutnya serangan hama wereng yang saat ini terjadi membuat tanaman padi pada mengering dan bulirnya pada kosong alias gabuk.

Sedikitnya ada 3 hektare tanaman padi di Desa Kedungrejo yang rusak diserang hama tersebut dan membuat produksi menurun drastis.

"Saat ini harga jual padi sekitar Rp 3.000 perkilogram, sebelumnya sekitar Rp 4.000 perkilogramnya," jelas Bambang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Bantuan Pemkab

Atas kondisi itu pihaknya berharap pada Pemkab Bojonegoro agar lebih serius menangani wabah hama wereng. Kendatipun sebenarnya dalam hal ini pihak pertanian sendiri sudah turun ke lapangan.

Diketahui, luasnya sebaran hama wereng yang menyerang tanaman padi ini membuat petani kesulitan mengendalikan dan mereka juga terancam merugi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.