Sukses

Nyaris Semua Desa di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi Terendam Banjir

Banjir merendam puluhan rumah, kantor kecamatan, kantor desa, puskesmas, sekolah dan tempat ibadah. Akibat banjir aktivitas warga sempat tersendat.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sejumlah Desa di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi terendam banjir setinggi betis orang dewasa. Banjir merendam puluhan rumah, kantor kecamatan, kantor desa, puskesmas, sekolah dan tempat ibadah. Akibat banjir aktivitas warga sempat tersendat.

Plt Palaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, Ilzam Nuzuli mengatakan banjir terjadi usai wilayah itu dilanda hujan intensitas tinggi sejak Jumat (14/10/2022) malam.

"Hujan terjadi sejak semalam hingga tadi pagi. Ketinggian air 20-30 cm," kata Ilzam, Sabtu (15/10/2022).

Ilzam menyebut hampir seluruh wilayah di Pesanggaran terdampak banjir tersebut. Dia merinci desa yang terdampak banjir cukup parah diantaranya Desa Pesanggaran, Desa Sumberagung, Desa Kandangan dan Desa Sarongan.

"Banjir hampir merata di Kecamatan Pesanggaran. Jumlah diperkirakan ada puluhan rumah yang terdampak, termasuk fasilitas publik, puskesmas, sekolahan, kantor kecamatan, tempat ibadah," bebernya.

Sebagai bentuk tindak lanjut, BPBD Banyuwangi telah mengerahkan personil untuk melakukan assesment dan penanganan di wilayah banjir tersebut.

"Tim bersama relawan saat ini masih berada di lokasi untuk melakukan penanganan dan juga melakukan assesment," tandasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Banyuwangi meminta masyarakat agar waspada dalam menghadapi anomali cuaca.

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Anjar Trionohadi mengatakan, perubahan yang terjadi dapat menyebabkan cuaca buruk hingga ektrim.

"Pada saat pergantian musim kemarau ke penghujan seperti sekarang ini memang seringkali terjadi cuaca buruk," kata Anjar.

 

2 dari 2 halaman

Cuaca Buruk Akan Terjadi 3 Hari Kedepan

Cuaca buruk yang dimaksud adalah hujan deras disertai petir, terjadinya angin kencang hingga tingginya gelombang pasang air laut.

"Di pesisir selatan Banyuwangi tingginya bisa mencapai 3-5 meter. Sedangkan di selat Bali 0,3-1,3 meter," ungkap Anjar.

Gelombang yang lumayan tinggi tersebut tentu tidak baik bagi aktivitas melaut para nelayan, khususnya di perairan selatan Banyuwangi.

Menurut BMKG, cuaca buruk yang tidak menentu itu diprediksi akan terjadi dalam beberapa hari kedepan. "Sesuai prediksi untuk di seluruh Jawa Timur, cuaca buruk akan terjadi dalam tiga hari ini.

Â