Sukses

Caleg Demokrat Banyuwangi Tampil Glamor Naik Mobil Mewah Daftar Caleg ke KPU: Kita Punya Mobil, Masa Disuruh Naik Becak

Sejumlah kader partai Demokrat Banyuwangi tampil glamor saat mendatangi KPU untuk mendaftar caleg Pemilu 2024. Mereka menggunakan iring-iringan mobil mewah yang jumpagnya mencapai 200-an.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sejumlah kader partai Demokrat Banyuwangi tampil glamor saat mendatangi KPU untuk mendaftar caleg Pemilu 2024. Mereka menggunakan iring-iringan mobil mewah yang jumpagnya mencapai 200-an.

Mulai dari mobil Rubicon, Mercedes Benz, Toyota Alphard, Mitsubishi Expander, Toyota Fortuner, Pajero, Inova Reborn dan masih banyak ragam merk lainnya. 

Mobil itu dihias dengan sticker logo partai Demokrat. Beberapa juga ditempeli poster wajah bacaleg. Mobil itu berjalan beriringan dari kantor DPC Demokrat di Jalan Kepiting menuju KPU Banyuwangi di Jalan Agus Salim. 

Tak hanya iring-iringan mobil, kader dan simpatisan yang ikut mengawal jumlahnya pun banyak, mencapai ratusan. Sebagian dari mereka datang naik truk. 

Ketua DPC Demokrat Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mengatakan tidak ada pesan simbolik khusus dalam iring-iringan mobil ini.

Michael hanya ingin bersikap jujur dan realistis. Dia enggan melakukan gimmick. Karena sikap jujur adalah modal dalam berpolitik.

"Kita kenyataan saja caleg kita punya mobil, masa kita suruh naik becak," celetuk Michael Minggu (15/5/2023) kemarin

Datang pukul 14.14 WIB, berkas partai Demokrat dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Banyuwangi.

Michael mengaku sengaja datang di Jam 14, menit ke 14. Keputusan itu diselaraskan dengan nomor urut partai pada Pemilu 2024 yakni no 14. 

"Kita optimis bisa membirukan Banyuwangi, target kita 16 kursi. Dengan asumsi 8 dapil jadi setiap dapil ada keterwakilan 2 orang," ujarnya.

Untuk komposisi bacaleg, Michael mengaku, Demokrat komplit 50 nama. Keterlibatan perempuan 30 persen juga sudah terpenuhi. 

"Untuk bacaleg milenial kita banyak, ada 60 persen," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perindo Lengkapi Berkas Pendaftaran Bacaleg, PPP dan BKN, Serahkan 50 Berkas bacaleg.

Selain Partai Demokrat, sejumlah partai politik juga menyerahkan berkas bacalegnya di hari terkahir pendaftaran bacaleg.  Seperti salah satunya partai Perindo telah menyerahkan 40 bacalegnya dari 50 kuota bacaleg yang diberikan KPU.

“Alhamdulillah akhirnya kita bisa menyerahkan berkas bacaleg kita, setelah sebelumnya kita sudah berkonsultasi terlebih dahulu. Kita menyerahkan 40 berkas bacaleg,”papar Ketua Partai Perindo Banyuwangi Choirul Falah.

Meski 40 bacaleg yang diajukan kata Choirul, penyebaranya merata di 8 daerah pemilihan di Banyuwangi.  Dia menargetkan pada pemilu 2024 ini Partai Perindo bisa mendapatkan kursi parlemen di DPRD Banyuwangi.

“Kita Targetkan  seriap dapil dapat kursi. Namun Setidaknya kita pada pemilu 2024 ini mempunyai keterwakilan di DPRD Banyuwangi. Kita optimis hal itu bisa terwujud,”tegas Choirul Falah.

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PP) Banyuwangi, pada pemilu 2024 ini, bisa tetap mempertahankan perolehan kursi di DPRD Banyuwangi, yaitu sebanyak 4 kursi. Menurut Ketua PPP Banyuwangi, Bashir Khodim, pihaknya telah menyerahkan 50 berkas bacaleg ke KPU. Dari jumlah tersebut, unsur keterwakilan perempuan telah terpenuhi yaitu 30 persen dari jumlah caleg yang diajukan.

“Target kita hanya ingin mempertahankan kursi yang suda ada yaitu 4 kursi parlemen. Namun jika di kasih lebih alhamdulliah. berkas kami sudah diterima KPU, saat ini tinggal menunggu tahapan selanjutnya saja,”tegasnya  dikonfirmasi usai mendaftar ke KPU Banyuwangi.

Sedangkan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Buruh, dan Partai Glora, merupakan partai pendatang baru, yang juga ikut mendaftarkan bacalegnya di Kantor KPU Banyuwangi. Partai Buruh dan Partai Glorah, partai terkahir yang mendafar yaitu  sekitar pukul 23.45 Wib dan berkasnya diterima KPU.  Sedangkan partai Garuda sempat mendaftar, namun berkas pendaftaran bacalegnya ditolak KPU Lantaran tidak lengkap.

3 dari 3 halaman

Berkas Partai Garuda Ditolak

Sementara itu Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaran KPU Banyuwangi, Ari Mustofa mengatakan hingga baatas akhir pendaftaran bacaleg yaitu pada hari Minggu (14/5/2023) pukul 23.59 Wib ada 18 partai politik yang mendaftar. Drai jumlah tersebut, 17 partai politik  dinyatakan lengkap berkasnya. Sedangkan 1 partai poitik ditolak berkasnya karena tidak lengkap.

“17 partai politik itu, sudah kamin terima berkasnya. Dan selanjutnya akan kita lakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” kata Ari.

Adapun 17 partai politik yang terlah dinyatakan lengkap berkasnya yaitu, Partai Hanura, PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, Partai Ummat, Perindo, PKN, PPP, partai Gerindra, PKB, Partai Glora, PBB, Partai Buruh, PSI dan PAN.

Sedangkan, partai Politik yang berkas pencaleganya ditolak oleh KPU Banyuwangi lantaran tidak memenuhi syarat yaitu, partai Garuda. Perati ini, tidak bisa mengiuti pemilu 2024 di Banyuwangi. Sebab KPU tidak memperjang masa pendaftaran bacaleg.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.