Sukses

Sempat Ditolak, KPU Banyuwangi Akhirnya Terima Berkas Bacaleg Partai Garuda

KPU Banyuwangi akhirnya menerima berkas pencalegan Partai Garuda yang sebelumnya sempat ditolak pada 14 Mei 2023 lalu.

Liputan6.com, Banyuwangi - KPU Banyuwangi akhirnya menerima berkas pencalegan Partai Garuda yang sebelumnya sempat ditolak pada 14 Mei 2023 lalu.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI No 495 menerangkan ada kesempatatan bagi 7 partai politik peserta pemilu 2024 yang mengalami kendala Silon bisa melengakpi berkasnya selama 5x24 jam.

“Berdasarkan surat edaran itu, Partai Garuda yang sebelumnya kami kembalikan berkasnya karena tidak lengkap. Hari ini Jumat (19/5/2023) telah resmi menyerahkan kembali hasil perbaikan berkas bacalegnya ke KPU Banyuwangi,” ujar Anggota KPU Banyuwangi Ari Mustofa.

Kata Ari, Partai Garuda, telah menyerahkan 25 berkas bacaleg ke KPU Banyuwangi, dan dinyatakan lengkap sehingga berkas bacaleg yang masuk ke KPU Banyuwangi dari 18 partai politik mencapai 778 bacalaeg.

Untuk tahapan selanjutnya, berkas yang telah diserahkan ini akan dilakukan verifikasi adminsitrasi (Vermin). Sebelum nantinya akan dilakukan penetapan daftar caleg tetap (DCT)

“Dengan diserahkanya berkas bacaleg Partai Garuda ini, genap ada 18 partai politik peserta pemilu 2024 yang menyerahkan berkas bacalegnya ke KPU. Selanjutnya kita akan lakukan vermin terhadap berkas yang sudah masuk ini. Sehingga jika ada perbaikan langsung bisa kita beritahukan ke partai yang bersangkutan,” tutur Ari.

Ari menambahkan, untuk tahapan verifikasi administrasi, dilakukan sejak 15 Mei kemarin hingga 23 Juni 2023 akan datang. Namun karena adanya SE 495 dari KPU RI, pihaknya baru bisa melakukan vermin mulai 20 Mei besok. Setelah masa perbaikan berkas bacaleg di silon 5x24 jam itu habis.

“Kita belum lakukan vermin karena adanya SE 495 itu. Di situ kan memberikan kesempatan 5x24 jam bagi partai politik yang ditolak kemarin akibat kendala Silon untuk perbaikan. Dan hari ini 19 Mei 2023 pukul 23.59 Wib terakhir. Jadi kita baru bisa lakukan verifikasi administrasi besok,” jelasnya.

2 dari 2 halaman

Yakin Raih 2 Kursi DPRD Banyuwangi

Ketua DPD Partai Garuda Banyuwangi Yusuf Hidayat mengatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan berkas di Silon maupun berkas secara fisik. Sehingga hari Jumat ini, Partai Garuda telah menyerahkan kembali berkas perbaikan ke KPU Banyuwangi.

“Ada sekitar 25 bacaleg yang kita daftarkan, dan hari ini kita kembali menyerahkan berkas perbaikan ini ke KPU Banyuwangi, dan Alhamdulillah dinyatakan lengkap. Kita siap meramaikan pemilu 2024 ini dan optimis menang,” kata Yusuf Hadi.

Kata Yusuf, Partai Garuda memasang target dua kursi, bisa lolos ke parlemen DPRD Banyuwangi. Sebab seluruh dapil ada keterwakilan bacaleg Partai Garuda.

“Dari 8 dapil itu semuanya ada keterwakilan bacaleg Partai Garuda, namun yang lengkap sesuai dengan kuota adalah dapil 4 dan 5. Tapi kita optimis dua kursi DPRD Banyuwangi bisa kita raih, mohon doanya,”tambahnya.

Yusuf membeberkan, ditolaknya berkas Partai Garuda pada 14 Mei 2023 karena terkendala jaringan internet. Sehingga tim LO Partai Garuda kesulitan untuk memasukan  atau mengupload berkasnya ke Silon.

“Tapi ini sudah terupload semua di aplikasi Silon. Dan sekali lagi kami optimis menang pemilu 2024 di Banyuwangi,”pungkasnya.