Sukses

Menjajal Kesegaran Blue Fire, Minuman yang Terinspirasi Eksotisme Api Biru Kawah Ijen

Blue fire selama ini dikenal hanya berada di kawah Gunung Ijen yang menjadi daya Tarik masyarakat. Lantas bagaimana jika Blue Fire justru berada di sebuah gelas, dan justru mempunyai cita rasa yang menyegarkan.

Liputan6.com, Banyuwangi Blue fire selama ini dikenal hanya berada di kawah Gunung Ijen yang menjadi daya Tarik masyarakat. Lantas bagaimana jika Blue Fire justru berada di sebuah gelas, dan justru mempunyai cita rasa yang menyegarkan.

Ya, blue fire ini adalah sebuah nama dari suguhan minuman yang diciptakan dari tangan kreatif dari bartender Banyuwangi, bernama Blue Fire Coffe Mocktail. Bukan hanya dari namanya saja yang keren, soal rasa jangan ditanya, pokoknya nyegerin pol.

Kesegaran minuman unik tersebut bisa didapat di Cafe Teras Omah yang terletak di Jalan KH Agus Salim, Kelurahan Tamanbaru Banyuwangi. 

Bukan hanya sekedar nama. Dijelaskan oleh owner dari Cafe Teras Omah, Mega Dwi Prasetyo, jika minuman ini dia ciptakan untuk sekalian mengenalkan wisata blue fire Gunung Ijen yang hanya ada dua di dunia. 

"Mocktail ini memang diciptakan memang untuk merepresentasikan blue fire yang terdapat di Gunung Ijen. Mulai dari rasa hingga visualnya," jelas, Pras sebutan akrabnya, Kamis (15/6/2023).

Dan benar saja, nampak warna biru dari sirup yang dapat diartikan blue fire itu sendiri. Sedangakan, layer di atasnya ialah kopi dengan warna gelap yang dapat melambangkan lava. Lalu, busa cokelat yang muncul dari reaksi minuman tersebut dapat diibaratkan sebagai gunung Ijen itu sendiri, ditambah Garnish lemon yang menyimbolkan kesegeran dan kesejukan udara pegunungan Ijen.

Jika dibayangkan, mungkin anda akan merasa sangat sayang apabila diaduk dan diminum, karena dari tampilanya saja sudah terlihat begitu cantik dan filosofis.

Terasa segar, manis, asam dan pahit menyatu secara sempurna dalam satu gelas kaca. Tak cukup hanya satu tegukan sebagai pelepas dahaga. Siapa pun yang minum pasti akan merasakan sensasi sejuk dan menyegarkan membasahi seluruh rongga. Mungkin seperti itu gambaranya.

"Jadi memang sengaja saya berikan rasa asamnya, karena saya ingin merepresentasikan asam sulfat yang berada di Kawah Ijen," tukas Pras.

Pria yang juga pembuat produk powder minuman bernama JPS (Jakarta Powder Supply) ini, bercerita bila, menciptakan formula blue fire coffe mocktail memakan waktu kurang lebih 3 tahunan.

"Saya sebagai Research and Development (RnD) di bidang minuman dengan basic kopi, tidak asal dalam membuat minuman, karena ini soal seni dalam rasa," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Ada Mocktail Red Island dan Wedi Ireng

Bagaimana, sudah terbayang dan tertarik untuk mencoba? Owner dari Cafe yang dibuka tahun 2019 itu, juga tengah menciptakan hidangan Mocktail bernama Red Island dan Wedi Ireng Beach yang terbuat dari Cola.

"Bagi saya pelayanan dan selera pelanggan itu nomer 1, jadi tetap berinovasi dalam dunia minuman seperti ini sudah menjadi hobi," pungkas Pras.

Cafe yang berkonsep vintage 70-an yang cozy dan hidden vibes ini cocok sebagai tempat pertemuan, working Space, curcol bareng sahabat dan membahas urusan bisnis seraya minuman Blue Fire Coffe Mocktail dan minuman based kopi lainya yang tak kalah menyegarkan.

Buka setiap hari mulai dari pagi Pukul 07.00 hingga 23.00 WIB, dan untuk hari Minggu pukul 19.00 sampai 00.00 dini hari.

Bukan hanya minuman saja yang disediakan, roti panggang, tahu walik sampai ayam Geprek tersedia di Cafe Teras Omah. Untuk harga kudapan dan minuman sama sekali tak menguras kantong, mulai dari Rp 10 ribu saja kalian sudah mendapat sajian dari koki dan bartender minuman profesional ala Bartender bintang lima.

Â