Sukses

Unej Mulai Buka Pendaftaran Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru 2023, Peserta Bisa Pilih 3 Program Studi

Universitas Jember (Unej) resmi membuka pendaftaran Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru 2023, mulai Senin 19 Juni 2023. Proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman semmaba.unej.ac.id hingga 30 Juni 2023.

Liputan6.com, Jember - Universitas Jember (Unej) resmi membuka pendaftaran Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru 2023, mulai Senin 19 Juni 2023. Proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman semmaba.unej.ac.id hingga 30 Juni 2023.

Menurut Wakil Rektor I Unej Slamin menyatakan, berbeda dengan pelaksanaan ujian mandiri sebelumnya yang melibatkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Besuki Raya, mulai tahun ini Unej melaksanakan ujian mandiri sendiri tanpa melibatkan PTS. 

“Sesuai arahan Ditjen Dikti Kemendikbudristek, mulai tahun ini ujian mandiri dilaksanakan tanpa melibatkan PTS, kini berganti nama menjadi Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru atau SEMMABA Universitas Jember Sehingga tidak lagi bekerja sama dengan PTS swasta di daerah,” jelas Slamin di kampus Tegalboto Jember (19/6/2023).

Walaupun berganti nama, namun sistem seleksinya tetap sama yakni menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan sendiri Universitas Jember. Sehingga peserta yang tidak mengikuti UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) leluasa mengikuti SEMMABA.

Karena menggunakan UTBK yang digelar oleh Universitas Jember sendiri, maka peserta SEMMABA UNEJ 2023 wajib mengikuti UTBK secara luring di kampus Tegalboto Jember, sesuai jadwal pada 5 hingga 9 Juli 2023. 

Peserta SEMMABA UNEJ 2023 nantinya diberi kesempatan memilih tiga program studi yang ada di Universitas Jember, baik program studi di kelompok Saintek maupun Sosial Hukum. Namun perlu diperhatikan, dari tiga pilihan program studi tersebut peserta wajib memilih satu program studi jenjang diploma 3 atau diploma 4.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejenis dengan UTBK SNBT

Informasi lengkap mengenai pendaftaran SEMMABA UNEJ 2023 dapat dibaca melalui tautan unej.ac.id/semmaba.

“Materi UTBK SEMMABA UNEJ 2023 sejenis dengan UTBK SNBT, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta Penalaran Matematika. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi panitia di Bagian Akademik dan atau Humas Universitas Jember,” kata Slamin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.