Sukses

3 Kabupaten di Sulteng Keluar dari Status Daerah Tertinggal, Bakal Dideklarasikan Undang Wapres

Tiga kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) dinyatakan keluar dari status daerah tertinggal. Tiga daerah tersebut yaitu kabupaten Donggala, kabupaten Sigi dan kabupaten Tojo Una Una.

 

Liputan6.com, Jakarta Tiga kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) dinyatakan keluar dari status daerah tertinggal. Tiga daerah tersebut yaitu kabupaten Donggala, kabupaten Sigi dan kabupaten Tojo Una Una.

"Capaian provinsi Sulteng ini salah satu yang terbaik di Indonesia," kata Dirjen Percepatan pembangunan daerah tertinggal (PPDT) Kemendes Rafdinal, saat rakor bersama Gubernur Sulteng yang diwakili Tenaga Ahli Gubernur Sulteng Ridha Saleh, di Jakarta, Senin 11 September 2023.

Rafdinal mengungkapkan, berdasarkan hasil pengukuran terakhir pada 62 kabupaten tertinggal di Indonesia. Tiga kabupaten di Sulteng telah naik status atau keluar dari status daerah tertinggal. Rata rata nilai indeks komposit pada tiga Kabupaten di Sulteng mengalami kenaikan sangat signifikan, terutama pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Tentu saja keluarnya tiga Kabupaten di Sulteng tersebut dari status daerah tertinggal tidak lepas dari intervensi program dan kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemkab di tiga Kabupaten tersebut, yang menyasar pada kebutuhan masyarakat dan infrastruktur layanan dasar," katanya.

Tenaga Ahli Gubernur Sulteng Ridha Saleh menambahkan, ini merupakan prestasi luar biasa Gubernur Sulteng Periode 2021 - 2026 Rusdy Mastura.

"Tercatat, lebih dari tiga periode kepemimpinan Gubernur di Sulteng, kita tidak pernah keluar dari status Daerah Tertinggal, justeru pada kepemimpinan bung Cudi (Gubernur Sulteng), Sulteng bisa dikatakan lebih berdaya saing, keluar dari stigma ketertinggalan. Bahkan itu dicapai dua tahun sebelum Bung Cudi menyelesaikan masa jabatannya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sampaikan Gagasan Deklarasi

 

Pada pertemuan tersebut Tenaga Ahli gubernur langsung menginformasikan gagasan deklarasi kepada Kepala sekretariat Wapres, dijadwalkan siang ini Dirjen PDT Kementerian Desa akan melaksanakan rapat kordinasi dengan pihak sekretariat wapres.

"Dalam pertemuan tersebut juga dibahas beberapa rangkaian kegiatan kunjungan wapres di Sulawesi Tengah diantaranya launching smart village dan kunjungan ke Kawasan Pangan Nusantara yang juga menjadi program Gubernur," pungkas Ridha Saleh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.