Sukses

Penggagas Gerakan Membaiki Banua Saiful Halim Luncurkan Kanal WhatsApp Tampung Aspirasi Warga Kalsel, Catat Nomornya

Saiful Halim mengatakan, peluncuran kanal WhatsApp sebagai bentuk kemudahan akses komunikasi dari masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, saran, dan kritik membangun dalam rangka membaiki banua.

Liputan6.com, Jakarta - Penggagas Gerakan Sosial Membaiki Banua Saiful Halim meluncurkan kanal Whatsapp sebagai penampung aspirasi masyarakat Kalimantan Selatan.

Saiful Halim mengatakan, peluncuran kanal WhatsApp sebagai bentuk kemudahan akses komunikasi dari masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, saran, dan kritik membangun dalam rangka membaiki banua.

Banua adalah sebutan untuk desa besar yang dapat terdiri dari beberapa buah anak kampung yang terdapat di Kalimantan Selatan, terutama dahulu digunakan pada masa Kesultanan Banjar dan masa kolonial Hindia Belanda.

Dalam setiap banua terdapat suatu sistem kemasyarakatan yang disebut Sasangga Banua. Banua lebih kurang setara dengan sebuah perkampungan besar.

"Kanal WhatsApp ini guna menampung aspirasi positif warga Kalsel khususnya di daerah Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. Nomor yang bisa diakses warga adalah 0811 882 2024," kata Saiful Halim dalam keterangannya, Senin (30/10/2023).

Saiful menambahkan, warga bisa memberikan usulan dan arahan konstruktif bagi usaha bersama Baimbai membaiki Banua. Komunikasi dua arah ini sebagai bentuk positif interaksi warga Banua dengan dirinya dan relawan Membaiki Banua.

"Aspirasi warga Kalsel menjadi masukan berharga bagi kami dan tim," ujar Saiful Halim yang juga merupakan Caleg DPR RI Nomor Urut Satu Dapil 2 Kalsel dari Parta Ummat yang meliputi Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Putra Banua kelahiran Pagatan, Tanah Bumbu ini merupakan Pegiat sosial lulusan ITB mengharapkan dengan dibukanya Kanal Aspirasi Saiful Halim via aplikasi WhatsApp ini bisa menjadi ajang gerakan sosial bagi warga Kalsel untuk Membaiki Banua.

"Sehingga kita mampu mengetahui permasalahan langsung yang dialami masyarakat. Semangat ini sesuai dengan spirit Mambaiki Banua yang sama-sama ingin agar persoalan warga bisa mendapatkan solusi ," ujar Saiful.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.