Sukses

Peluk Cium Anies Baswedan ke Ibu dan Anaknya Sebelum Awali Kampanye Perdana Pilpres 2024

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan berkumpul bersama keluarga sebelum mengawali masa kampanye pemilu 2024 hari ini, Selasa 28 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan berkumpul bersama keluarga sebelum mengawali masa kampanye pemilu 2024 hari ini, Selasa 28 November 2023.

"Mohon doanya mah," ujar Anies kepada ibundanya, Selasa.

Setelah itu, sang ibunda membacakan doa. Ia mendoakan perjalanan Anies selama Pilpres 2024 dilancarkan.

Suasana haru pagi di pendopo Anies. Ia mencium tangan dan pipi ibundanya. Bahkan, terlihat putri dari Anies Baswedan, Mutiara Annisa memeluk haru sang ayah.

"Tentu karena ada kedekatan emosional dan mereka memang bagian dari perjuangan ini," ucap Anies.

Anies akan memulai kampanye pertamanya di Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara. Selain di Jakarta, Anies akan melanjutkan perjalanan ke Bogor, Jawa Barat.

"Jadi kita siap akan berangkat. Tadi kita sarapan sama-sama kebetulan selain ibu saya sedang di sini, orang tuanya Fery, istri, sedang berada di sini, tidak di Kuningan. Jadi kita sama-sama sarapan terus ibu doa sudah siap akan berangkat. Jadi kami akan berangkat ke Tanah Merah," kata Anies.

Pasangan Anies -  Muhaimin (AMIN) dipastikan tidak melakukan kampanye berbarengan pada hari pertama.

Anies Baswedan memulai kampanye Pemilu 2024 di Jakarta. Sedangkan, Cak Imin bakal berkampanye di Surabaya.

Anies mengatakan, kampanye secara terpisah dinilai lebih efektif dan diharapkan bisa menjamah masyarakat di seluruh provinsi Indonesia.

"Kan kita supaya lebih banyak yang bisa kita jangkau, nanti mulai hari-hari ke depan, Cak Imin jalan menjangkau banyak masyarakat, saya juga menjangkau masyarakat kalau semuanya bareng, nanti yang bisa terjangkau sedikit," Anies saat menghadiri Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaungkan Perubahan

Anies mengaungkan perubahan dari pelbagai sisi antara lain keadilan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

"Sudah lama dari dulu kita kampanye, satu pesan utama, melahirkan keadilan. Visinya Indonesia adil makmur untuk semua," kata dia.

Cak Imin menambahkan, salah satunya perubahan adalah terkait pemenuhan kebutuhan pokok. Cak Imin ingin rakyat Indonesia bisa menikmati makan-makanan sehat dan bergizi sepanjang hari.

"Perubahan, perubahan nasib rakyat, perubahan dari yang di akhir bulan makan mi instan menjadi setiap bulan penuh makan sehat," ujar dia.

Tak dipungkiri, banyak masyarakat yang menghemat uang makan saat akhir bulan. Sehingga, mereka memilih mie instan untuk menghilangkan rasa lapar.

"Begini, kalau satu bulan gaji biasanya di akhir bulan rata-rata makannya mi instan, perubahan artinya tidak lagi makan mi instan, satu bulan penuh makanan berigizi," ujar dia.

Cak Imin tak mau lagi masyarakat Indonesia terlalu sering makan mie instan. Dia kemudian mengait-ngatikan dengan sosok kepimpinan.

"Kalau semua masyarakat rakyat kita makan mi instan, akan lahir pemimpin pemimpim instan," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Kampanye Damai

Tiga pasangan capres dan cawapres resmi menandatangani naskah deklarasi Pemilu Damai di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (27/11/2023).

Sebelum diteken, naskah deklarasi Pemilu Damai 2024 itu dibacakan terlebih dahulu. Pembacaan naskah dipimpin Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari

Pembacaan naskah deklarasi oleh Hasyim kemudian ikuti oleh tiga pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md serta diikuti juga oleh 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

Naskah itu berisi setidaknya tiga poin yang mesti ditaati para peserta Pemilu 2024. Mulai dari Pemilu yang diharapkan berjalan adil, damai, tanpa politik uang, hingga pelaksanaannya sesuai dengan aturan undang-undang.

"Naskah deklarasi Pemilu tahun 2024. Peserta Pemilu, satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil. Dua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang," kata Hasyim.

"Tiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," lanjut dia.

Sebelumnya, ketiga pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) juga telah terlebih dahulu meneken deklarasi kampanye damai, tertib, dan juga taat hukum peserta Pemilu 2024 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Penandatanganan deklarasi kampanye damai, tertib, dan juga taat hukum peserta Pemilu 2024 dilaksanakan dalam Rapat Koordinasi (Rakornas)Sentra Penegakan Hukum Terpadu Pemilu (Gakkumdu) yang dihelat pada Senin (27/11/2023).

Dengan ini, ketiga pasangan capres dancawapres mendukung terselenggaranyaPemilu yang penuh damai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.