Sukses

Gerinda Susul PAN dan Demokrat Usung Khofifah Maju Pilgub Jatim 2024, Emil Dardak Cawagubnya?

Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan, partainya memberikan rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024 mendatang.

Liputan6.com, Surabaya - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan, partainya memberikan rekomendasi kepada Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024 mendatang.

"kali ini Partai Gerindra ikut memberikan rekomendasi akan mendukung ibu untuk menjabat menjadi gubernur Jatim untuk periode yang selanjutnya," ujarnya di Surabaya, Minggu (10/12/2023).

Disinggung mengenai cawagub pendamping Khofifah, Hashim mengatakan akan ada dari partai Demokrat.

"Nanti ada pak Emil Dardak," ucapnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sebelumnya telah memberikan surat rekomendasi kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju pada Pilgub Jatim 2024.

"Mudah-mudahan insha Allah Ibu Khofifah akan terpilih untuk kedua kalinya," ujar Zulhas di sela acara konsolidasi calon legislatif dari PAN yang digelar di Surabaya, Senin (4/12/2023).

Terpisah, Khofifah mengaku terkejut atas rekomendasi yang diberikan PAN kepada dirinya untuk kembali meju sebagai Cagub pada Pilgub Jatim 2024. 

Khofifah mengaku tidak dikabari sebelumnya, bahwa dirinya diundang menghadiri acara tersebut untuk menerima surat rekomendasi.

"Ini suprise karena tidak ada informasi sebelumnya bahwa hari ini akan diserahkan rekomendasi untuk Pilgub yang akan datang," ucap Khofifah.

Khofifah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PAN atas rekomendasi yang diterimanya tersebut. Surat rekomendasi dukungan tersebut, kata Khofifah menjadi langkah awal untuk dirinya bisa kembali maju di Pilgub 2024.

"Saya menyampaikan terima kasih, apresiasi, terhadap Partai Amanat Nasional, mengawali dari proses pemberian dukungan. Insya Allah saya maju kembali pada 2024. Mohon doa semuanya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalahkan Duet Gus Ipul-Puti di Pilkada 2018

Diketahui, Khofifah merupakan petahana bila maju lagi di Pilkada 2024. Sebelumnya dia berpasangan dengan Emil Dardak pada Pilkada Jatim 2018 lalu, mengalahkan duet Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Khofifah-Emil yang diusung koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem, memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen.

Di akhir tahun 2023 ini, Khofifah secara resmi mendapat rekomendasi maju Cagub Jatim dari PAN, Gerindra. Sementara, Demokrat dan Golkar baru secara lisan menyatakan mendukung dan mengusung Khofifah di Pilgub Jatim 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.