Sukses

Gibran Jelang Debat Perdana Pilpres 2024: Ya, Siap Aja Sih Saya, Makasih Ya

Calon Wakil Presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengaku santai menghadapi debat perdana Pilpres 2024 yang akan berlangsung Selasa 12 Desember 2023. Tema debat yaitu terkait hukum, HAM, sampai demokrasi tidak membuatnya takut.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengaku santai menghadapi debat perdana Pilpres 2024 yang akan berlangsung Selasa 12 Desember 2023. Tema debat yaitu terkait hukum, HAM, sampai demokrasi tidak membuatnya takut.

"Gak juga, ya," kata Gibran ditemui usai Waktunya Indonesia Maju di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/12/2023).

Wali kota Solo ini tidak mengungkap apa saja persiapan debat Pilpres 2024 lusa. Gibran mengaku siap saja menghadapi debat.

"Ya, siap aja sih saya, makasih ya," katanya singkat.

Gibran pun enggan komentar lebih jauh mengenai debat perdana. Termasuk terkait para panelisnya nanti.

"Panelisnya saya enggak tau siapa," kata putra Presiden Joko Widodo ini.

Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto tidak ada persiapan khusus menjelang debat perdana Pilpres 2024. Prabowo hanya membaca, berolahraga renang, sampai minum jamu.

"Pak Prabowo persiapannya enggak ada yang khusus beliau persiapannya ya seperti biasa membaca mendengar kemudian tetap berolahraga berenang, minum jamu," ujar Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung Juang, Menteng, Jakarta, Minggu (10/12).

Tim Kampanye Nasional (TKN) tidak menyiapkan pakar khusus untuk membantu persiapan debat Prabowo-Gibran. Karena temanya bukan jadi masalah bagi Prabowo-Gibran.

"Saya cek tadi kemarin tidak ada masalah karena masalah-masalah misalnya dalam debat pertama temanya kan Soal pemerintahan, hukum hak asasi manusia dan demokrasi, kalau enggak salah itu ya, itu kan saya kira sesuatu yang sudah dipahami secara umum secara jamah, oleh Pak Prabowo dan Mas Gibran," ujar Muzani.

2 dari 3 halaman

Jadwal Debat Pilpres 2024

Berikut jadwal debat capres-cawapres:

1. Selasa, 12 Desember 2023

2. Jumat, 22 Desember 2023

3. Minggu, 7 Januari 2024

4. Minggu, 14 Januari 2024

5. Minggu, 4 Februari 2024

3 dari 3 halaman

Panelis Debat Dikarantina

Komisioner KPU RI August Melasz menyatakan, 11 panelis debat Pilpres 2024 dikarantina mulai Minggu (10/12/2023). Dia menjelaskan, karantina terhadap panelis sejatinya adalah prosedur yang harus dijalankan demi menjaga netralitas, kerahasiaan dan integritas.

August mengaku, konsep karantina dilakukan tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Dia menambahkan, akan ada sejumlah hal yang dilakukan selama karantina oleh para panelis seperti berdiskusi soal tema debat dan rumusan pertanyaan yang sudah dibuat tim ahli.

"Jadi bagaimana tata kelola dari pertanyaan yang nanti akan dirumuskan oleh para panelis disitu (saat dikarantina)," ungkap August.

Soal pertanyaan, lanjut August, soal disampaikan dipastikan masih dalam koridor dan tema yang sudah ditentukan di tiap sesinya. Diketahui untuk debat perdana, tema diusung adalah Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Nantinya, tema debat yang sudah dipublikasi akan menjadi pegangan kepada para kandidat untuk menyiapkan materi terbaiknya saat menjawab pertanyaan yang disampaikan moderator debat.

"Paling penting kan tema debatnya apa, dari situlah kemudian pertanyaan akan di situ. Kami akan sampaikan dalam konteks pengarahan semuanya (terkait tema)," August menandasi.