Sukses

Masyarakat Osing Banyuwangi Adakan Tradisi Bejik-Bejik Petilasan Leluhur Buyut Ketut

Masyarakat Osing di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Banyuwangi memperbaiki pusara salah seorang leluhur di wilayah setempat. Leluhur tersebut bernama Buyut Ketut. Masyarakat setempat berbondong-bondong memperbaiki dan merawat makam leluhur tersebut.

Liputan6.com, Banyuwangi Masyarakat Osing di Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur memperbaiki pusara salah seorang leluhur di wilayah setempat.

Leluhur tersebut bernama Buyut Ketut. Masyarakat setempat berbondong-bondong memperbaiki dan merawat makam leluhur tersebut.

Mereka mengadakan "Bejik-Bejik Pondok" Buyut Ketut, yakni salah satu leluhur mereka. Bejik-bejik pondok memiliki arti merenovasi pondok yang menjadi peneduh area petilasan Buyut Ketut. 

Ketua Adat Seblang Olehsari, Ansori menceritakan bahwa kegiatan bejik-bejik pondok dilakukan setiap 2-5 tahun sekali, hal ini melihat kerusakan pada pondok itu sendiri. 

Namun dalam proses renovasi tidak serta merta langsung merenovasi, melainkan ada hari khusus yang telah ditentukan. Setiap kali perbaikan selalu diawali dengan selamatan bersama masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur dan terima kasih masyarakat kepada Buyut Ketut. Buyut Ketut merupakan leluhur masyarakat Olehsari yang sangat berjasa hingha saat ini masyarakat diberikan kedamaian," kata Ansori, Sabtu (16/12/2023).

Sementara itu, Kepala Desa Olehsari, Joko Mukhlis menceritakan bahwa jaman dulu proses renovasi pondok ini diarak dari rumah perias seblang atau salah satu sesepuh adat desa Olehsari menuju makam. Hal ini merupakan salah satu wujud gotong royong masyarakat Osing

"Dulu bisa sampai 500-an orang yang bergotongroyong. Saat ini proses langsung di area makam karena renovasi dilakukan tambal sulam. Pondok ini terbuat dari bahan bambu dan dengan atap ilalang yang sudah kering. Kami berusaha untuk menjaga keaslian pondok ini," ujar Joko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Becik-Becik Libatkan Masyarakat Olehsari

Kegiatan Bejik-Bejik Pondok ini melibatkan masyarakat Olehsari. Mulai usia muda hingga yang usia lanjut ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka bergotong royong untuk memperbaiki pondok buyut Ketut.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya masyarakat Olehsari. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat Olehsari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.