Sukses

RSUD Saiful Anwar Siapkan Tim Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Malang Raya

Bachtiar menjelaskan, dengan adanya kasus baru khususnya di wilayah Surabaya, maka perlu adanya upaya antisipasi karena wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, atau yang dikenal dengan sebutan Malang Raya, juga berisiko.

Liputan6.com, Malang - Direktur Utama RSUD Saiful Anwar Malang Bachtiar Budianto menyatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus COVID-19.

"Kami sudah menyiapkan diri. Di Indonesia, di kota-kota besar kita sudah mendapatkan informasi seperti di Jakarta dan Surabaya, ada kasus COVID-19," kata Bachtiar, Senin (18/12/2023).

Bachtiar menjelaskan, dengan adanya kasus baru khususnya di wilayah Surabaya, maka perlu adanya upaya antisipasi karena wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, atau yang dikenal dengan sebutan Malang Raya, juga berisiko.

Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, RSUD Saiful Anwar Kota Malang mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada terkait adanya potensi penyebaran virus corona.

"Tetapi, betul bahwa berkenaan dengan lonjakan kasus baru yang sudah sampai di Surabaya itu, risiko untuk sampai ke Malang itu tetap ada," katanya.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus COVID-19, RSUD Saiful Anwar Kota Malang telah menyiapkan tim, Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk sarana dan prasarana penanganan virus Corona.

Ia menambahkan, hingga saat ini di wilayah Malang Raya belum ada kasus konfirmasi COVID-19. di RSUD Saiful Anwar Kota Malang, juga belum menerima pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, mengingat rumah sakit tersebut merupakan salah satu rujukan di Jawa Timur.

"Sampai hari ini, di Malang Raya, kasus COVID-19 terkonfirmasi baru, tidak ada. Kemudian pasien yang dirawat di RSUD juga tidak ada, belum ada," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Penanganan COVID-19 Lengkap

Kepala Instalasi Pelayanan COVD-19 dan Infeksi Terpadu RSUD Saiful Anwar dr Susanthy Djajalaksana menambahkan, penanganan kasus COVID-19, akan dilakukan di Gedung Instalasi Pelayanan Infeksi Terpadu (IPIT).

Seluruh sarana prasarana tersebut telah dilengkapi dengan fasilitas penanganan COVID-19 yang dipergunakan pada beberapa waktu lalu, seperti ruangan bertekanan negatif, oksigen sentral, termasuk sejumlah fasilitas lainnya.

"Sementara untuk alur masuk petugas dan alur masuk pasien berbeda, semua sudah dalam kondisi siap," katanya.

Selain itu, RSUD Saiful Anwar juga telah menyiapkan kurang lebih sebanyak 38 ruangan yang bisa dipergunakan untuk merawat pasien konfirmasi COVID-19, termasuk disiapkannya para tenaga medis untuk penanganan pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.