Sukses

Ribuan Tenaga Kesehatan di Kota Malang Disiagakan saat Pencoblosan Pemilu 2024

Ada rencana mendirikan posko kesehatan di tiap wilayah untuk memudahkan menjangkau sejumlah TPS di Kota Malang

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang menyiagakan sekitar 8 ribu tenaga kesehatan (nakes) dalam Pemilu 2024. Mereka bakal diterjunkan saat pencoblosan sampai selesainya penghitungan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, mengatakan nakes itu mulai dokter, bidan, perawat dan lainnya dari puskesmas maupun rumah sakit. Skema keterlibatan nakes terus dikoordinasikan dengan Polres maupun penyelenggara Pemilu.

“Delapan ribu nakes itu nanti bagaimana pendampingan masih terus kami koordinasikan,” kata Husnul, Kamis, 25 Januari 2024.

Menurut dia, bila nakes dibutuhkan di tiap TPS saat pencoblosan pada 14 Februari 2024 maka bisa saja diterjunkan. Tapi bisa pula skemanya dengan mendirikan pos kesehatan yang di dalamnya terdapat beberapa nakes untuk menjangkau sejumlah TPS.

Seluruh nakes siap siaga sampai selesainya pencoblosan dan penghitungan surat suara di tingkat TPS. Termasuk saat penghitungan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Armada ambulans pun turut disiapkan guna mengantisipasi hal tak diinginkan.

“Bagaimana nanti apa sistem pendampingannya nanti akan dikoordinasikan lagi untuk disepakati bersama,” ucap Husnul.

Dinas Kesehatan, lanjut dia, sudah dilibatkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di salah satu tahapan Pemilu 2024. Yaitu melakukan pemeriksaan dasar dan lanjutan ketika proses seleksi pendaftaran petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketika itu, lebih dari 17 ribu calon petugas KPPS harus dipastikan tak punya penyakit hipertensi, kolesterol maupun diabetes mellitus. Tak sedikit pendaffar gagal lolos karena terekam memiliki riwayat penyakit itu.

“Salah satu syaratnya kan surat keterangan sehat. Agar memastikan petugas KPPS benar-benar sehat secara jasmani ketika nanti bekerja,” ucap Husnul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Kesehatan

Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas, mengatakan skema keterlibatan nakes saat pencoblosan akan terus dikoordinasikan. Sempat ada usulan pendirian posko kesehatan di puskesmas terdekat untuk menjangkau sejumlah TPS sekaligus.

“Bisa saja satu nakes menjangkau tiga atau berapa TPS skemanya akan segera dikoordinasikan,” ujar dia.

Di Kota Malang ada sebanyak 2.452 TPS yang masing – masing diisi tujuh petugas KPPS atau total ada sebanyak 17.164 KPPS. Aminah melanjutkan, nakes tidak hanya siap siaga saat pencoblosan dan penghitungan surat suara di TPS saja, tapi sampai penghitungan di tingkat PPK.

Meski begitu, dia berharap tidak ada kejadian tak diinginkan terhadap petugas selama penyelenggaraan Pemilu 2024. Apalagi seluruh petugas itu juga sudah menjalani seleksi kesehatan saat awal mendaftar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.