Sukses

Banjir Lumpur di Jalan Tulungrejo Kota Batu Bikin Pengendara Motor Berjatuhan

Warga Kota Batu diimbau berhati-hati selama musim penghujan ini sebab rawan terjadi banjir bercampur material lumpur

Liputan6.com, Batu - Sejumlah pengendara motor terjatuh saat melintas di sepanjang Jalan Tulungrejo, Desa Tulungrejo, Kota Batu. Peristiwa itu disebabkan air bercampur material lumpur melimpas ke jalanan lantaran drainase yang tersumbat saat hujan intensitas tinggi mengguyur kota ini.

Aspal jalan Tulungrejo, Kota Batu, sepanjang 1 kilometer tertutup material lumpur yang membahayakan pengendara. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka parah di peristiwa yang terjadi pada Jumat, 26 Januari 2024 sore kemarin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, volume air meningkat saat hujan deras tak diimbangi kelancaran drainase. Sebab tersumbat sampah rumput di saluran air menyebabkan air bercampur lumpur melimpas ke jalanan.

“Ada beberapa motor yang terjatuh saat melintas, beruntung tak ada korban luka,” kata dia.

Saat peristiwa itu, petugas dengan cepat memasang marka jalan penanda agar pengendara melambatkan laju kendaraan. Tim BPBD dibantu unit Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan segera membersihkan jalan dengan cara menyemprotkan air ke jalan.

Wilayah Tulungrejo sendiri berada di kawasan perbukitan yang rentan banjir lumpur saat diguyur hujan lebat. BPBD Kota Batu mengimbau warga selalu waspada selama musim penghujan ini. Sebab ada potensi bencana pohon tumbang, longsor maupun banjir.

“Hati-hati, sebab bencana hidrometeorologi sangat mungkin terjadi selama musim hujan ini,” ucap Agung.

2 dari 2 halaman

Prakiraan Cuaca Kota Batu

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis data prakiraan cuaca pada Sabtu, 27 Januari 2024 di Kota Batu. Diperkirakan hujan ringan bakal mengguyur kota ini sejak pagi sampai siang dan berpotensi menjadi hujan petir sampai sore hari.

Suhu udara diperkirakan antara 17-29 derajat Celsius dengan kecepatan angin rata – rata 20 km/jam dan tingkat kelembabab 70-100 persen. Warga Kota Batu pun diimbau selalu berhati-hati di jalan dan tidak berteduh di bawah pohon atau di bangunan rawan ambruk.

BPBD Kota Batu mencatat, sepanjang 2023 lalu terjadi 206 kejadian. Peristiwa tanah longsor mendominasi sebanyak 73 kejadian, angin kencang ada 47 kejadian, 34 kejadian kebakaran hutan dan lahan. Sisanya seperti kebakaran bangunan, banjir, dinding robo, kecelakaan dan lainnya.