Sukses

Jadi Pemungkas, Simak 5 Fakta Menarik Debat Kelima Capres-Cawapres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat pilpres 2024 terakhir atau kelima di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta pada Minggu 4 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat pilpres 2024 terakhir atau kelima di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta pada Minggu 4 Februari 2024.

Debat ini mempertemukan capres nomor 1 Anies Baswedan, nomor 2 Prabowo Subianto, dan nomor 3 Ganjar Pranowo.

Tema debatnya ialah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Debat terakhir menghadirkan sejumlah fakta-fakta menarik. 

Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Prabowo Pertama Melakukan Pemaparan Visi Misi

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, pada debat ketiga calon presiden (capres) nanti. Prabowo Subianto sebagai paslon nomor urut 2 akan lebih dulu memulai melakukan pemaparan.

"Kalau yang terakhir debat keempat kemarin kan dari paslon nomor urut 1, jadi nanti akan dimulai dari paslon nomor urut 2 dalam hal ini calon presiden ya dari paslon nomor urut 2 Pak Prabowo Subianto," kata Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1).

2. Dua Moderator Perempuan

Pada debat ini, KPU memilih moderator debat yakni wartawan TV One, Andromeda Mercury dan Dwi Anggia.

Terdapat tiga stasiun televisi yang menjadi media penyelenggara debat kelima tersebut. Tiga media penyelenggara itu, yakni TV One, ANTV, dan NET TV.

3. Format Sama dengan Debat Sebelumnya 

KPU menggunakan format yang sama dengan tiga debat capres-cawapres sebelumnya. Durasi debat kelima juga akan sama seperti debat sebelumnya, yakni 150 menit, dengan durasi khusus debat 120 menit dan terdiri atas enam segmen.

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja. Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada peserta debat dan akan saling menanggapi.

Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan secara penutup.

2 dari 3 halaman

4. Libatkan 12 Panelis

 

Ada 12 nama panelis yang dipilih untuk debat terakhir tersebut. Berikut daftarnya:

1. Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.- Ketua Umum Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Periode 2022-2026.

2. Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D.

Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027.

3. Bahruddin

Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah (BAN PDM).

4. Damar Juniarto, S.Sos.

Akademisi di UPN Veteran Jakarta.- Pendiri PIKAT Demokrasi dan Penasihat Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet).

5. Prof. Emiritus PM Laksono Ph.D.

Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.

6. Imam Prasodjo

Sosiolog Universitas Indonesia.

7. Onno Widodo Purbo. Ph.D.

Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor Institut Teknologi Tangerang Selatan.

8. Dra Reni Kusumowardhani M.Psi.

Psikolog- Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

9. Timboel Siregar, S.Si., S.H., M.M.

Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI).- Koordinator Advokasi BPJS Watch

10. Tolhas Damanik, M.Ed.

Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access (AGENDA). Aktivis Disabilitas.

11. Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D.

 Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta.- Dosen Program Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

12. Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D.

Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia

3 dari 3 halaman

5. Para Capres Siap Tempur

Para capres yang akan berdebat pada 4 Februari 2024 menyatakan kesiapannya. Anies Baswedan, capres nomor 1 mengaku tengah bersiap-siap untuk menghadapi debat capres pamungkas.

"Saya rasa ini adalah sebuah kesempatan bagi kami-kami untuk menyampaikan misi kami terkait dengan tema itu. InsyaAllah kita siap-siap" kata Anies di Stadion Purnawarman, Purwakarta, Minggu, 28 Januari 2024.

Lebih lanjut, Anies menyatakan tak akan mengenakan outfit atau pakaian khusus. Sama seperti debat capres sebelumnya, di debat pamungkas dia juga akan lebih banyak bicara ihwal substansi tema yang diangkat.

"Kami itu mendorong substansi karena kami yakin kalau substansinya baik itu pendukung aja (kostum/outfit). Tapi kita lihat, kalau memang dianggap perlu kita lakukan. Kalau enggak ya kita pakai seperti yang biasanya," ujar Anies.

Capres nomor 2 Prabowo Subianto menyatakan siap mengikuti debat kelima pada Minggu, 4 Februari 2024. Namun, pada debat terakhir ini Prabowo mengaku agak sedikit was-was.

"Tanggal 4 saya mau debat lagi nih, aku mau debat lagi, tapi aku, aku agak was-was," kata Prabowo saat memberikan sambutan di kampanye akbar bersama Partai Demokrat di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur pada Kamis (1/2/2024).

Prabowo membeberkan, perasaan was-was itu muncul takala mengingat lagi momen yang terjadi pada debat ketiga. Prabowo saat itu diberi nilai rendah oleh pesaingnya Anies Baswedan.

"Debat terakhir aku dikasih nilai 11 dari 100. Aku gak tau nilai berapa kali ini, emang gua pikirin," ujar Prabowo.

Prabowo menutup hal ini lewat sebuah pantun. Adapun bunyinya. "Jalan jalan ke Cikini, Mampir di Gondangdia. Tanggal 14 Februari nanti Tolong rakyat Indonesia jangan lupa pilih saya," ujar dia.

"Eit belum selesai dan tulung saya dikasih nilai yang wajar," timpal Prabowo.

Kesiapan juga ditegaska capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

"Insyallah sudah siap," kata Ganjar, saat diwawancarai di Alun-alun Wates, Kulonprogo, Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Dia mengatakan, dirinya akan bercerita tentang pengalamannya menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

"Besokkan cerita kesra, cerita pendidikan kalau tidak salah mungkin kita akan atau saya kami akan bercerita tentang pengalaman 10 tahun jadi gubernur," ucap Ganjar.

"Sehingga ada bukti, basis bukti yang bisa diberikan kepada masyarakat sehingga konseptualisasinya ada prakteknya ada sehingga itu memberikan bukti untuk meyakinkan publik. Kita tidak hanya sekedar bicara kita bisa menyampaikan itu dan semuanya musti jelas sehingga rakyat bisa melihat," imbuh Ganjar.