Sukses

Kelar Lamaran, Lettu Fardhana Tunangan Ayu Ting Ting Ditugaskan Jaga Perbatasan Papua Setahun

Fardhana disebut-sebut pernah menempuh pendidikan militer di Jepang itu, saat ini berdinas di Batalyon Infanteri Raider 509/Balawara Yudha di bawah komando Brigif 9/2/Daraka Yudha, Kostrad yang berkedudukan di Sukorejo, Kabupaten Jember.

Liputan6.com, Jember Artis Ayu Ting Ting baru saja melangsungkan prosesi lamaran dengan kekasihnya, anggota TNI AD bernama Lettu (Inf) Muhammad Fardhana.

Fardhana disebut-sebut pernah menempuh pendidikan militer di Jepang itu, saat ini berdinas di Batalyon Infanteri Raider 509/Balawara Yudha di bawah komando Brigif 9/2/Daraka Yudha, Kostrad yang berkedudukan di Sukorejo, Kabupaten Jember.

Namun, Ayu Ting Ting dipastikan akan menjalani hubungan Long Distance Relationship (LDR) dengan jarak yang lebih jauh. Sebab, kesatuan tempat Fardhana bertugas mendapat tugas negara  menjaga Pengamanan Terbatas (Pamtas) di Papua. 

Muhammad Fardhana bersama atasan dan bawahannya akan bergabung dengan Satgas Pamtas RI-PNG Mobile Yonif 509/Balawara Yudha Tahun 2024, yang akan ditempatkan di Distrik Sugapa daerah Intan Jaya, Papua.

Satgas ini akan bertugas selama 366 hari atau setahun. Mereka menggantikan pasukan sebelumnya yang sudah bertugas di sana dalam jangka waktu yang sama. 

Upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG Mobile Yonif 509/Balawara Yudha Tahun 2024, dilakukan pada Kamis (15/02/2024) pagi di Markas Yonif 509/Balawara Yudha di Sukorejo, Jember. Satuan dipimpin oleh Danyonif Kostrad 509 Mayor Inf Dian D Setyadi. 

Upacara pelepasan dipimpin oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, doa dipimpin oleh Wabup Jember MB Firjaun Barlaman didampingi Dandim 0824/Jember, Kapolres Jember, serta Komandan Brigif 9.

"Alhamdulillah, beliau-beliau (jajaran Forkopimda) sudah sangat membantu. Pemkab membantu pendidikan sekolah anak-anak. Dandim juga membantu bibit yang nanti akan kita tanam di Intan Jaya sehingga ada perputaran roda ekonomi. Pak Kapolres juga membantu sehingga saling bersinergi semua," ujar Danyonif Kostrad 509 Mayor Inf Dian D Setyadi.

Upacara berlangsung haru karena para prajurit akan berpisah dengan keluarganya selama satu tahun. 

"Mohon doanya kepada seluruh masyarakat Jember. Ada 450 personel yang berangkat. Berangkat lengkap, pulangnya juga lengkap," tutur Mayor Dian. 

Ia menegaskan, satuannya sudah siap untuk ditugaskan di daerah perbatasan, baik personel maupun peralatannya. 

"Syukur-syukur dapat bonus dari Allah kita bisa mendamaikan masyarakat di sana. Kita tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga kedamaian," lanjut Dian. 

 

2 dari 2 halaman

450 Personel Diberangkatkan

Keberadaan tunangan Ayu Ting Ting dalam pelepasan Satgas Pamtas itu menarik perhatian tamu undangan dari pejabat Kabupaten Jember yang hadir.

Istri Bupati Jember Kasih Fajarini dan istri Wabup Jember, Ny Evita Afdillah Sari, menyempatkan untuk berfoto bersama dengan Lettu (Inf) Muhammad Fardhana. 

Sayangnya, Saat awak media hendak mewawancarai Fardhana, hal itu tidak mendapatkan izin dari atasannya. 

"Nanti kalau sudah pesta pernikahan kita undang media," ujar Mayor Inf Dian F Setyadi selaku komandan Satgas. 

Setelah berpamitan dengan keluarga masing-masing, sebanyak 450 personel Batalyon 509 Kostrad/BY itu langsung berangkat menggunakan kendaraan darat, truk dan bus tentara menuju Surabaya untuk langsung menuju lokasi tugas.

Â