Sukses

Kunjungi Politeknik Enjiniring Kementan, Komisi IV DPR: Pertanian Butuh Transformasi Pengetahuan dan Inovasi

Yohanes mengungkapkan, membangun pertanian dimulai dengan penyiapan SDM. Penyiapan harus dengan mendirikan sekolah sekolah yang punya kurikulum dan silabus yang baik seperti pendidikan vokasi Polbangtan/PEPI.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema atau Ansy Lema meninjau Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI). Dia memberikan arahan pada kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Perluasan Area Tanam (PAT) dan Upaya Khusus (UPSUS).

Yohanes mengungkapkan, membangun pertanian dimulai dengan penyiapan SDM. Penyiapan harus dengan mendirikan sekolah sekolah yang punya kurikulum dan silabus yang baik seperti pendidikan vokasi Polbangtan/PEPI.

Pertanian butuh transformasi pengetahuan, inovasi, kreatifitas hadir lewat pendidikan vokasi pertanian. Melalui pendidikan vokasi inilah dapat memberi ruang dan akses generasi muda dari sabang hingga merauke untuk dapat mendapatkan pengetahuan yang baik sehingga harapannya banyak generasi muda yang tertarik untuk berkecimpung dibidang pertanian," ujar Yohanes, Rabu 5 Juni 2024.

Kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan Perluasan Area Tanam (PAT) dan Upaya Khusus (UPSUS) dilakukan sebagai upaya meningkatkan efektivitas pelaksanaan program, serta meningkatkan produksi pangan nasional dalam rangka antisipasi darurat pangan yang melibatkan seluruh pelaku pertanian.

Di setiap kesempatan, Mentan Andi Amran Sulaiman menyampaikan kekhawatirannya mengenai stok beras dalam negeri. Menurutnya, salah satu faktor utama yang menyebabkan kondisi ini adalah penurunan luas tanam padi.

Amran juga menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil pemerintah dalam menangani darurat pangan.

"Penurunan luas tanam ini tentu berdampak langsung pada hasil panen dan produksi padi," ungkap Amran.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyatakan, salah satu strategi untuk meningkatkan produksi pertanian adalah gerakan pompanisasi, yaitu penggunaan pompa air untuk mengoptimalkan irigasi dan pengairan lahan pertanian, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dan produktivitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Magang Merdeka

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti turut mengawal 753 mahasiswa Polbangtan/Pepi yang akan terjun di lapangan lewat program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lokasi kegiatan utama Kementan. Bimtek yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 6 – 8 Juni 2024 dengan materi pembibitan, Pemupukan, Manajemen Alsintan serta Pompanisasi.

“Harapannya kegiatan ini dapat meresonansi Perguruan Tinggi Mitra lain untuk dapat bersama-sama terjun dalam kegiatan utama Kementan dalam rangka antisipasi darurat pangan, sehingga pembangunan pertanian adalah tugas bersama dalam mencapai Swasembada Pangan”,ujar Santi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.