Sukses

Pakar UAJ: Mengkonsumsi Tempe Tingkatkan Kecerdasan dan Cegah Pikun

UAJ menggelar Lomba Kreasi Masakan Tempe serta workshop pengolahan tempe di Aula Serba Guna Lt. 8 Kampus 3 BSD Tangerang Selatan, sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis UAJ ke-64 dan peringatan Hari Tempe Nasional.

 

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) menggelar Lomba Kreasi Masakan Tempe serta workshop pengolahan tempe di Aula Serba Guna Lt. 8 Kampus 3 BSD Tangerang Selatan, sebagai bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis UAJ ke-64 dan peringatan Hari Tempe Nasional. 

"Tempe itu punya banyak manfaat. Penelitian kami membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi tempe, kita dapat meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan daya ingat agar tidak cepat pikun. Maka dari itu, kita rencakan kegiatan ini menjadi kegiatan rutin, supaya tempe ini dapat lebih dikenal dan semakin mendunia," ujar Dekan Fakultas Teknobiologi UAJ Yogiara, Selasa (11/4/2024).

Acara juga dihadiri oleh kampung Tempe Ciomas yang merupakan mitra binaan tim pengabdian dari P3T dengan menjual berbagai produk olahan inovasi tempe seperti cireng tempe, coklat tempe, pudding tempe dan kering tempe. 

Antusiasme peserta terlihat dari berbagai kreasi masakan tempe yang dipamerkan. Mulai dari hidangan bertema tradisional hingga modern, semua disajikan dengan kreativitas dan inovasi yang tinggi.

"Kreativitas dan semangat para peserta juga terlihat dari luasnya potensi tempe sebagai bahan pangan yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat dan bernutrisi," sambungnya. 

Setelah lomba, para peserta juga diundang untuk mengikuti workshop gratis yang diselenggarakan oleh P3T UAJ. Sebagai lembaga penelitian pangan berbasis tempe, PPPT UAJ berhasil menghasilkan berbagai macam produk olahan dari bahan tempe yang dapat dimanfaatkan sebagai produk kuliner dan kecantikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Wawasan Baru soal Manfaat Tempe

"Produk-produk ini diolah dengan teknologi fermentasi yang terus disempurnakan dan melalui proses produksi yang higienis," jelasnya.

Tempe sebagai salah satu warisan kuliner Indonesia diharapkan dapat terus dikembangkan dan diapresiasi baik di dalam maupun luar negeri. Inisiatif ini juga selaras dengan upaya mempromosikan tempe sebagai  

produk unggulan Indonesia yang memiliki nilai gizi tinggi dan multifungsi. Dengan adanya kegiatan ini, UAJ berharap masyarakat dapat memperoleh wawasan baru terkait manfaat tempe, pengolahan tempe yang inovatif dan sehat, serta kegunaannya untuk banyak hal lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.