Sukses

Kemenag Pastikan Tak Ada Jemaah Haji Indonesia Wafat Tergeletak di Pinggir Jalanan

Hilman mengatakan, memang terdapat jamaah haji Indonesia yang wafat saat di Mina, totalnya 27 orang. Namun mereka wafat saat dalam penanganan petugas kesehatan di tenda-tenda maupun saat mendapatkan perawatan intensif di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief  memastikan tidak ada jamaah haji Indonesia yang tergeletak wafat di Mina tanpa adanya penanganan.

"Gambar itu yang beredar tidak mencerminkan yang terjadi pada jamaah kita," ujar di Makkah, Jumat 21 Juni 2024.

Sebelumnya beredar video di media sosial perihal jamaah yang tergeletak di jalanan jalur Jamarot, Mina. Mereka dinarasikan telah meninggal dunia dan hanya ditutup oleh kain ihram.

Video tersebut membuat masyarakat Indonesia was-was, khawatir ada saudaranya yang mengalami hal serupa.

Hilman mengatakan, memang terdapat jamaah haji Indonesia yang wafat saat di Mina, totalnya 27 orang. Namun mereka wafat saat dalam penanganan petugas kesehatan di tenda-tenda maupun saat mendapatkan perawatan intensif di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

"Di Mina ada yang wafat di tenda setelah kecapekan atau setelah jumrah. Ada juga yang di KKHI. Jadi konteksnya tidak sesuai dengan di video yang banyak tergeletak," kata dia.

Ia pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir, sebab jamaah haji Indonesia selalu mendapatkan penanganan dari petugas haji. Bahkan saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) banyak petugas yang berjaga di banyak tempat.

"Jumlah jamaah yang wafat banyak, tapi tak sebanyak tahun lalu. Tapi video yang tersebar itu bukan terkait dengan jemaah kita. Ada dugaan haji dibiarkan," katanya.

"Yang ada petugas haji kita full team. Ada beberapa spot di sana dan langsung ditangani," kata Hilman menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulangan Jemaah dari Tanah Suci

Fase kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci ke Indonesia dimulai hari ini. Hal itu ditandai dengan pemberangkatan jemaah haji kelompok terbang dua Embarkasi Solo (SOC-02) dari hotel di Makkah menuju Madinah. Mereka akan terbang ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Keberangkatan SOC-02 dilepas oleh Direktur Bina Haji pada Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah Arsad Hidayat. Total ada 360 jemaah haji asal Temanggung dan Magelang, serta lima petugas yang tergabung dalam kloter ini.

“Selamat kembali ke Tanah Air. Semoga jemaah haji Indonesia meraih predikat haji mabrur. Aamin,” terang Arsad Hidayat di Makkah, Jumat (21/6/2024)

Selain SOC-02, ada lima kloter lainnya yang hari ini diberangkatkan menuju Madinah untuk kemudian terbang ke Tanah Air. Kelima kloter tersebut adalah SOC-01, SOC-03, BDJ-01, UPG-01, dan SOC-05. Koper bagasi enam kloter ini sudah ditimbang sejak sebelum puncak haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.