Sukses

Ribuan Kader dan Alumni GMNI Jawa Tengah Ziarah ke Makam Bung Karno

Di bulan Bung Karno ini sekaligus ditujukan sebagai edukasi tentang ajaran Bung Karno. Diharapkan seluruh kader juga semakin solid.

Liputan6.com, Blitar - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jawa Tengah, ziarah ke makam Bung Karno, dalam rangka menyambut peringatan bulan Bung Karno.

Ketua Harian DPD PA GMNI Jawa Tengah Abang Baginda mengemukakan bulan Juni merupakan bulan penting bagi kaum nasionalis. Bulan tersebut merupakan identik dengan Bung Karno.

"1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila, 6 Juni merupakan hari kelahiran Bung Karno, dan 21 Juni hari, Sang Ideolog wafat dan dimakamkan di Blitar," katanya, Sabtu (29/6/2024).

Dirinya menambahkan, sebagai bentuk dedikasi dan penghormatan, kader dan alumni GMNI Jawa Tengah melakukan Ziarah ke Makam Bung Karno untuk membangun kembali spirit ideologi Pancasila dalam semangat kebangsaan.

Acara tersebut diikuti para kader serta alumni, dengan harapan semakin kompak.

"Kegiatan ini diikuti lebih dari 1.500 Kader dan Alumni GMNI se-Jawa Tengah, dari 34 DPC PA GMNI dan dari luar Jawa Tengah," ujar dia.

Ia juga menambahkan di bulan Bung Karno ini sekaligus ditujukan sebagai edukasi tentang ajaran Bung Karno. Diharapkan seluruh kader juga semakin solid.

"Selain memperingati bulan Bung Karno, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk internalisasi ajaran-ajaran Bung Karno, serta mensolidkan seluruh kader dan alumni GMNI," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konseptor Pancasila

Ia menambahkan, Bung Karno melalui pergulatan pemikiran dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia telah memulai membangun suatu ideologi yang menjadi azas dan azas perjuangan yakni Marhaenisme.

"Bung Karno yang merupakan konseptor Pancasila sebagai dasar negara akan benar-benar menjadi ideologi yang dinamis bagi bangsa Indonesia apabila dibaca dan dipahami dalam keseluruhan konteks pidato dan tulisan Bung Karno, terkhusus pidato pada Sidang BPUPKI 1 Juni 1945," ujar dia.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPP PA GMNI Arief Hidayat, Ketua DPD PA GMNI Jawa Tengah Bambang Wuryanto, serta kader dan alumni dari Jawa Timur, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Komplek Makam Presiden pertama RI Bung Karno, Kota Blitar. Kegiatan diisi dengan doa bersama dan sambutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.