Sukses

Aceh Besar Krisis Air Bersih, Anggota DPRK Turun Pasok Kebutuhan Air untuk Warga Terdampak

Eka Rizkina meminta pihak terkait terutama PDAM Tirta muntala agar turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan. Dia

Liputan6.com, Aceh - Anggota DPRK Aceh Besar Eka Rizkina turun langsung membantu warga yang kekurangan air bersih akibat musim kemarau yang mulai melanda.

Eka Riskina menyalurkan air bersih untuk warga dusun Lam U di kampung Seubun Ketapang Aceh Besar. Dia juga mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan PDAM Tirta mountala adalah mengatasi keluhan warga di sana.

Eka rizkina menyebut sumur-sumur warga seluruh Gambung di kecamatan Lhoknga dalam kondisi kekeringan, namun sebagian besar dapat dialiri air PDAM Tirta Montala. Sementara, tiga Gampong yakni Gampong Lamcok, Gampong Sebun Ketapang dan Gampong Lambaro Sebun mengalami kekeringan parah.

"Menurut informasi warga PDAM Tirta muntala telah memasang pihanisasi sejak 2022. Namun airnya sudah tidak mengalir sama sekali, khususnya bagi 30 kepala keluarga di dusun Lam U. Kabarnya karena lokasinya agak tinggi jadi susah naik air," ujarnya, Senin (1/7/2024).

Eka Rizkina meminta pihak terkait terutama PDAM Tirta Muntala agar turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan. Dia juga meminta Pj Bupati Aceh Besar menggelar rapat dan melibatkan BPBD sehingga diputuskan untuk 10 hari kedepan akan dipasok air bersih menggunakan politeng secara bergiliran.

Dia juga mengharapkan agar pihak terkait mencari alternatif untuk jangka panjang mengingat adanya dugaan tertutupnya jaringan air dari pipa sehingga dapat tersambung kembali agar kebutuhan air bersih warga dapat dipenuhi.

Apalagi, letak kecamatan Lhoknga sangat dekat dengan sumber air seperti Krueng Sarah dan sumber mata air lainnya.

"Seharusnya, kesulitan warga terhadap kekurangan air bersih dapat diatasi asalkan ada kemauan dari pihak terkait untuk mengatasi persoalan ini," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.