Sukses

1.000 Pelaku Usaha Kecil Menengah Binaan Sampoerna Bakal Ramaikan Pesta Rakyat UMKM 2024

Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia ini diselenggarakan atas kolaborasi Sampoerna bersama Kamar Dagang dan Indonesia (KADIN) Indonesia dengan mengundang pihak Pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

 

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai perusahaan yang beranjak dari sebuah usaha mikro di kota Surabaya 111 tahun yang lalu, PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) konsisten membantu mengembangkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Hal itu pula yang dilakukan dengan menggelar Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 22 Juli 2024.

Presiden Direktur Sampoerna Ivan Cahyadi menyatakan, ajang ini bertujuan untuk merayakan perjalanan Sampoerna tumbuh bersama para pemangku kepentingan, terutama pelaku UMKM.

Kegiatan Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia melibatkan lebih dari 1.000 pelaku UMKM binaan Sampoerna melalui program Sampoerna Retail Community (SRC) dan Sampoerna Enterpreneurship Training Center (SETC).

“Mereka ini merupakan figur-figur inspirasional yang berhasil mengembangkan usahanya alias naik kelas, seperti pemilik toko kelontong SRC yang berhasil mengembangkan usahanya dan turut membuka lapangan kerja di sekitarnya," jelas Ivan, Selasa (2/7/2024). 

Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia ini diselenggarakan atas kolaborasi Sampoerna bersama Kamar Dagang dan Indonesia (KADIN) Indonesia dengan mengundang pihak Pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Salah satu mitra yang juga digandeng ialah Japanese External Trade Organization (JETRO) yang selama ini bersama KADIN dan Sampoerna telah berkolaborasi membuka akses pasar UMKM ke Negeri Sakura.

Rangkaian acara Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia ini dikemas agar dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM, di mana mereka akan dapat mengikuti diskusi dan workshop akan diisi oleh nara sumber ahli dari berbagai bidang.

Beberapa topik yang dibahas antara lain digitalisasi, kebijakan pemerintah pada sektor UMKM, pembiayaan dari sektor perbankan, dan berbagai topik lainnya yang relevan untuk mendukung UMKM naik kelas. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Pengembangan SDM

Ivan menyatakan, Program Sampoerna Retail Community (SRC) dan Sampoerna Enterpreneurship Training Center (SETC) merupakan bagian dari Payung Program Keberlanjutan perusahaan, 'Sampoerna untuk Indonesia'. Melalui program ini, Sampoerna memberikan dukungan yang relevan dengan kebutuhan pengembangan SDM bagi pelaku UMKM agar bisa naik kelas, baik di dalam negeri maupun untuk ekspor produknya.

"Sejalan dengan kebijakan strategis pemerintah. Pengembangan SDM merupakan kunci penting dalam membentuk UMKM yang mandiri, produktif, dan berdaya saing,"jelasnya. 

SETC merupakan program kewirausahaan terintegrasi yang telah hadir sejak tahun 2007 dan telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 72.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Program ini memberikan pendampingan komprehensif serta pengembangan kapasitas untuk pelaku UMKM dari berbagai bidang usaha, seperti agribisnis, makanan dan minuman, hingga penyedia jasa secara digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.