Sukses

Pemkot Mojokerto Kembali Buka Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, Buruan Daftar

Para mahasiswa berprestasi yang tertarik untuk mengikuti seleksi beasiswa tersebut untuk mengikuti sosialisasi yang bakal digelar pada 13 Juli 2024.

Liputan6.com, Mojokerto - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Jawa Timur kembali membuka pendaftaran calon penerima beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tahun 2024 dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah tersebut.

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro mengatakan bahwa tahap pendaftaran dilaksanakan pada 15 - 26 Juli 2024 untuk kemudian dilakukan seleksi.

"Dan pengumuman calon penerima beasiswa pada Agustus 2024," tuturnya di Kota Mojokerto, Senin (8/7/2024).

Ia mengatakan, pendidikan yang menjadi tanggung jawab pemerintah kota sudah dilakukan melalui pemberian seragam sekolah dan sepatu gratis. "Dan untuk pendidikan tinggi kami intervensi dengan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi," ucapnya.

Lebih lanjut sosok yang akrab disapa Mas Pj ini menuturkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto sudah masuk kategori tinggi, yakni berada di angka 80,07 persen.

Salah satu komponen IPM adalah bidang pendidikan yang dihitung berdasarkan rata-rata lama sekolah (RLS) dan harapan lama sekolah (HLS) yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Semoga dengan adanya berbagai intervensi dari pemerintah dapat membentuk SDM Kota Mojokerto yang berkualitas dan memberikan sumbangsih untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," katanya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Disporapar) Kota Mojokerto Rachmi Widjajati selaku penyelenggara menjelaskan beasiswa ini diperuntukkan bagi warga Kota Mojokerto yang tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri nonkedinasan jenjang diploma III, diploma IV dan strata 1.

"Tahun ini kita hanya membuka melalui jalur indeks prestasi. Jadi bagi seluruh warga Kota Mojokerto yang saat ini sedang kuliah di perguruan tinggi negeri nonkedinasan dengan IPK paling rendah 3,00 dapat mengajukan permohonan beasiswa," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ayo Ikut Seleksi

Terkait teknis pendaftaran Rachmi menyampaikan semua berkas persyaratan mulai dari surat permohonan beasiswa, KTP, KK, Kartu Hasil Studi (KHS), surat keterangan sebagai mahasiswa aktif maupun surat keterangan tidak sedang mendapatkan sanksi akademik dan makalah inovasi dapat langsung dikirimkan melalui tautan https://beasiswa-disporapar.mojokertokota.go.id.

Pihaknya juga mengajak para mahasiswa berprestasi yang tertarik untuk mengikuti seleksi beasiswa tersebut untuk mengikuti sosialisasi yang bakal digelar pada 13 Juli 2024.

"Silahkan mendaftar dan datang ke Aula Kelurahan Jagalan untuk mengikuti sosialisasi lebih lanjut terkait pelaksanaan seleksi beasiswa," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.