Sukses

Cegah Bau Saat Piala AFF U-19, Jam Pembuangan Sampah ke TPA Benowo Diatur Ulang

Eri Cahyadi menjelaskan bahwa pembuangan sampah menuju ke TPA Benowo akan dilakukan setelah pertandingan AFF U-19 selesai. Waktu pembuangan sampah akan berakhir setiap pukul 10.00 WIB.

 

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pihaknya akan mengatur skema pembuangan sampah selama pertandingan Piala AFF U-19 2024. Pemkot juga akan meminta pengelola PLTSa Benowo yang lokasinya tak jauh dari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), untuk menutup tumpukan sampah dengan geomembran, supaya gas yang ditimbulkan oleh sampah itu tidak keluar.

Eri menyatakan, selama ini tumpukan sampah sudah ditutup geomembran, tetapi ada yang robek dan harus dipasang lagi agar tertutup semuanya.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi bau sampah sehingga tidak mengganggu aktivitas pertandingan di stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. 

“Jam pembuangan sampah juga berpengaruh di dalam stadion waktu menonton sepak bola. Jadi (sampah) ditutup geomembran. Tidak ada sampah yang terbuka ketika akan ada pertandingan,” katanya, Rabu (17/7/2024).

Ia menjelaskan bahwa pembuangan sampah menuju ke TPA Benowo akan dilakukan setelah pertandingan AFF U-19 selesai. Waktu pembuangan sampah akan berakhir setiap pukul 10.00 WIB. 

“Nanti ada satu tempat, space (tempat) area terbuka untuk membuang sampah sampai jam 10.00 WIB. Jam operasional diatur. Jadi tidak sebelum pertandingan, tetapi setelah pertandingan baru membuang sampah di sana. Setelah itu ditutup dengan membran, tidak ada lagi yang membuang sampah,” jelasnya. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Dedik Irianto mengatakan jadwal pembuangan sampah ke TPA Benowo terdapat  perubahan selama pertandingan Piala AFF U-19 saja. 

“Termasuk penutupan (sampah) dengan geomembran sudah SOP pengelolaan sampah di TPA. Cuma jadwal pembuangannya supaya mengurangi bau selama pertandingan AFF U-19,  kita kurangi sebagian, tidak kita buang ke TPA,” kata Dedik. 

Skema sementara pembuangan adalah akan ditahan di masing-masing TPS hingga pertandingan Piala AFF U-19 selesai.

“Setelah pertandingan AFF U-19, baru boleh membuang lagi. Pembuangan mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Berubah dari sebelumnya pukul 05.00 WIB hingga 18.00 WIB,” pungkasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2.180 Personel Gabungan Amankan Laga Pembuka Piala AFF U-19

Polrestabes Surabaya AKBP Wibowo menyatakan, sebanyak 2.180 personel gabungan siap mengamankan laga pembuka Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Rabu (17/7/2024).

"Pasukan yang kita siapkan dari TNI-Polri dan stakeholder terkait sebanyak 2.180 personel,” ujar Wibowo, usai rakor pengamanan laga pembuka Piala AFF U-19 2024 di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (16/7/2024).

Advertisement Wibowo menyampaikan, pengamanan tersebut tidak hanya dilakukan di lokasi pertandingan saja, melainkan jalur yang digunakan oleh para pemain juga tidak luput dari perhatian dan pengamanan.

"Rute yang akan dilalui ada dua stadion yang akan kita amankan, yaitu di Gelora 10 November Tambaksari dan Gelora Bung Tomo,"terang Wibowo.

Untuk laga besok akan di adakan di GBT 2 pertandingan, pertandingan sore dan malam hari. Sementara itu gelaran kompetisi AFF U-19 ini akan di laksanakan dari tanggal 17 sampai 29 Juli 2024.

Ada 12 negara yang nanti akan bertanding dan akan dilakukan pengamanan sesuai standar FIFA dan aturan-aturan yang sudah di sepakati bersama, sesuai dengan yang dituangkan dalam peraturan Kapolri nomer 10 tahun 2022.

"Mudah-mudahan kita semua TNI-Polri dan Stakeholder terkait bisa mengawal sampai sukses," ungkap Wibowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.