Sukses

Menteri Bintang Puspayoga Tegaskan Kebaya Sebagai Identitas Kebangsaan, Bukan Sekadar Pakaian

Kebaya bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga simbol kebanggaan dan identitas perempuan Indonesia yang harus diwariskan kepada generasi muda.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) menggelar perayaan Hari Kebaya Nasional dan Hari Anak Nasional ke-40 di Jakarta, Minggu (21/7/2024).

Perayaan Hari Kebaya Nasional dan Hari Anak Nasional ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari ibu-ibu cantik dengan balutan kebaya hingga anak-anak yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh terhadap acara ini.

"Dengan diresmikannya tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional, kita berharap masyarakat semakin menghargai dan menggunakan kebaya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Bintang Puspayoga.

Dia menekankan pentingnya kebaya sebagai identitas kebangsaan serta sebagai sarana untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"Para perajin tenun dan batik diharapkan akan mendapatkan manfaat ekonomi dari meningkatnya penggunaan kebaya di masyarakat," tambahnya.

Acara ini menegaskan komitmen bersama untuk melestarikan budaya kebaya dan menjadikannya dinamis, mengikuti perkembangan zaman tanpa kehilangan esensinya.

Kebaya bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga simbol kebanggaan dan identitas perempuan Indonesia yang harus diwariskan kepada generasi muda.

Para peserta acara diajak untuk memaknai kebaya sebagai warisan budaya yang hidup dan bergerak bersama dengan zaman, serta sebagai bagian dari tanggung jawab dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Nasional Kebaya Indonesia

Ucapan terima kasih khusus disampaikan kepada semua pihak yang berkontribusi dalam perjuangan panjang hingga terwujudnya Hari Kebaya Nasional ini.

Khususnya Tim Nasional Kebaya Indonesia, termasuk komunitas-komunitas yang terlibat dan para pendamping setia yang mendukung acara ini.

"Dengan semangat kebersamaan dan persatuan, mari lestarikan kebaya Nusantara untuk masa depan yang lebih baik," tutup Bintang Puspayoga

Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan kebaya sebagai warisan budaya yang membanggakan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat melalui penggunaan kebaya. Selamat Hari Kebaya Nasional dan Selamat Hari Anak Nasional ke-40!

Sementara itu, Tim Nasional Kebaya Indonesia yang dipimpin Lana Koentjoro bersama 11 organisasi perempuan patut bersyukur karena apa yang mereka perjuangkan dengan gigih, akhirnya berbuah manis dengan terbitnya Kepres nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional.

"Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek),” tutur Lana Koentjoro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.