Sukses

Pendaftar Jalur Mandiri di Unair Surabaya Capai 8.234 Orang, Kuota Cuma 4 Ribu Mahasiswa

Bagi calon mahasiswa baru (maba) yang sudah diterima di Unair dan kurang mampu, maka pihaknya masih membuka peluang agar bisa mengurus KIP Kuliah serta mendapat keringanan biaya kuliah.

Liputan6.com, Surabaya - Pendaftar jalur Mandiri di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tahun 2024 mencapai 8.234 peserta, 2.900 di antaranya merupakan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengungkapkan jumlah itu terbilang banyak apalagi kuota jalur Mandiri hanya 4.000 mahasiswa baru, sehingga akan banyak pendaftar yang tidak akan tertampung di jalur ini.

"Selain KIP Kuliah, pemegang Program Keluarga Harapan (PKH) dan yatim piatu bisa mendapat kesempatan untuk kuliah di Unair dengan pembebasan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) asal nilainya bagus. Jadi tinggal membayar UKT saja," katanya di Surabaya, Rabu (24/7/2024).

Sementara bagi calon mahasiswa baru (maba) yang sudah diterima di Unair dan kurang mampu, maka pihaknya masih membuka peluang agar bisa mengurus KIP Kuliah serta mendapat keringanan biaya kuliah.

"Kuota KIP-K kami masih tersisa sekitar 300 lebih. Jadi merata kuotanya di antara jalur SNBT, SNBP dan mandiri," ujarnya.

Unair menyediakan empat jalur seleksi Mandiri yakni, Mandiri Prestasi, Mandiri UTBK Plus, Mandiri Ujian Tulis, dan Mandiri Kemitraan Ujian Tulis. Peserta boleh mendaftar lebih dari satu jalur seleksi Mandiri.

"Untuk jalur Mandiri Prestasi dan UTBK plus sudah berlangsung. Sementara yang ketiga (Mandiri Ujian Tulis) yaitu dengan tes menggunakan soal yang disiapkan Unair akan diselenggarakan akhir pekan ini mulai 25 hingga 27 Juli 2024," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Studi Kedokteran di Banyuwangi

Diberitakan sebelumnya, Unair resmi membuka Program Studi Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) di Banyuwangi. Pendaftaran mahasiswa baru juga telah dibuka sejak 9 Juli 2024.

"Alhamdulilah Prodi Kedokteran FIKKIA Unair Banyuwangi sudah resmi dibuka. Unair menjamin kualitas pendidikan di Banyuwangi setara dengan Fakultas Kedokteran Unair Surabaya. Jadi nantinya lulusan mahasiswa kedokteran di Banyuwangi sama dengan di Surabaya," kata Dekan FIKKIA Unair Banyuwangi Soetojo, Jumat (12/7/2024).

Dia menyatakan, pendaftaran mahasiswa baru mulai dilakukan 9 Juli hingga 1 Agustus 2024.

"Bagi adik-adik yang baru lulus SMA di Banyuwangi dan sekitarnya, yang berminat kuliah kedokteran kini sudah bisa kuliah di Banyuwangi," tambahnya.

Pendidikan kedokteran FIKKIA Unair Banyuwangi akan dilaksanakan di Banyuwangi dengan masa studi 4 tahun. Lokasi pendidikan utama di Kampus Unair Mojopanggung dan Giri.

Selain itu Unair Banyuwangi juga menjadikan RSUD Blambangan dan RSUD Genteng Banyuwangi, sebagai rumah sakit pendidikan untuk mengekplorasi berbagai kasus kesehatan bagi mahasiswa kedokteran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.