Sukses

Gus Samsudin Divonis Bebas Kasus Konten Tukar Pasangan yang Viral di Medsos, Pendukung Pekik Takbir

Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan alat bukti yang disertakan jaksa tidak utuh, sehingga mengaburkan fakta yang sebenarnya. Jaksa menyodorkan bukti potongan video 'Tukar Pasangan' berdurasi 2 menit 45 detik dari sebuah akun TikTok Gayung-105.

Liputan6.com, Blitar - Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Blitar, Jawa Timur, menjatuhkan vonis bebas terhadap Samsudin Jadab atau Gus Samsudin dalam perkara konten bertukar pasangan yang bikin heboh beberapa bulan lalu.

Vonis tersebut dibacakan majelis hakim yang diketuai Ari Kurniawan dalam sidang yang digelar di PN Blitar, pada Senin, 29 Juli kemarin. Selain Samsudin, dua anak buahnya, Ahmad Yusuf Febriansah dan M Nurkhabatul Fikri juga dinyatakan tak bersalah.

"Terdakwa Samsudin tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal Pasal 27 Ayat (1) UU ITE. Begitu pula dengan dua anak buahnya, dinyatakan tidak terbukti melanggar Pasal 28 Ayat (2) UU ITE," ujar Ketua Majelis Hakim Ari Kurniawan, ditulis Selasa (30/7/2024)

"Oleh karena itu membebaskan terdakwa dari seluruh dakwaan Jaksa Penuntut Umum," imbuh Hakim Ari.

Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan alat bukti yang disertakan jaksa tidak utuh, sehingga mengaburkan fakta yang sebenarnya. Jaksa menyodorkan bukti potongan video 'Tukar Pasangan' berdurasi 2 menit 45 detik dari sebuah akun TikTok Gayung-105.

Menurut hakim, video yang di posting akun TikTok tersebut tidak utuh sebagaimana diunggah pertama kali oleh akun YouTube Mbah (Den) Saridin milik terdakwa Samsudin yang berdurasi 31 menit 8 detik.

Di dalam fakta persidangan, kata hakim, video utuh itu berisi syiar agama. Yakni pesan yang menyampaikan agar menjauhi dan meninggalkan ajaran sesat yang membolehkan bertukar pasangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendukung Pekik Takbir

Setelah majelis hakim membacakan putusan, pekik takbir langsung menyeruak dari bibir pendukung Samsudin yang mengikuti jalannya sidang. Istri kedua Samsudin bahkan menangis dan langsung sujud syukur.

Adapun jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir atas putusan bebas tersebut.

"Pikir-pikir, Yang Mulia," ucap jaksa Raja Oktober dari Kejari Blitar.

Sebelumnya, jaksa menuntut terdakwa Samsudin dengan hukuman penjara selama 2 tahun 6 bulan. Sedangkan Fikri dan Yusuf dituntut 1 tahun 6 bulan penjara. Jaksa menilai Samsudin dkk terbukti bersalah dalam perkara konten bertukar pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.