Sukses

Sukses Gelar Piala AFF U-19, Eri Cahyadi: Surabaya Siap Sambut Event Kelas Dunia Berikutnya

Eri mengatakan, Surabaya memosisikan diri sebagai bagian dari ekosistem kota dunia (global city) yang akan terus mengembangkan diri dengan perpaduan akses dan fasilitas terbaik.

 

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku lega Piala AFF U19 berjalan sukses di Kota Pahlawan. Laga-laga yang melibatkan 12 negara digelar di Stadion Gelora Bung Tomo dan Stadion Gelora 10 Nopember. Sejumlah lapangan lokal di Surabaya juga menjadi tempat berlatih tim nasional dari 12 negara.

“Alhamdulillah, Piala AFF U-19 tuntas digelar di Surabaya. Kita juga bergembira karena Garuda Muda juara. Dan yang pasti Surabaya siap sambut event kelas dunia berikutnya,” ujar Eri Cahyadi, Rabu (31/7/2024).

Eri mengatakan, Surabaya memosisikan diri sebagai bagian dari ekosistem kota dunia (global city) yang akan terus mengembangkan diri dengan perpaduan akses dan fasilitas terbaik.

“Salah satu tujuan kita adalah menjadikan Surabaya sebagai destinasi sport tourism dunia. Event-event olahraga kelas dunia harus semakin sering digelar di Surabaya,” ujar Eri.

Dalam dua tahun terakhir, event olahraga kelas dunia telah beberapa kali digelar di Surabaya, mulai dari Piala Dunia U17, Piala AFF U19, dan yang kini masih berlangsung adalah Asian Men's U-20 Volleyball Championship 2024 (AVC) yang diikuti 16 negara. Itu belum termasuk sejumlah laga uji coba tim nasional Indonesia yang digelar di Surabaya.

Eri Cahyadi menuturkan, digelarnya event-event skala dunia di Surabaya mampu memberi dampak positif ke pertumbuhan ekonomi serta sekaligus meningkatkan citra Surabaya di mata dunia. 

“Kehadiran puluhan negara, perangkat pertandingan, dan bahkan suporternya ke Surabaya tentu mendatangkan perputaran ekonomi bagi masyarakat dan dunia usaha Surabaya, mulai dari UMKM, usaha kuliner, hotel, transportasi, oleh-oleh, dan sebagainya,” jelas mantan kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Image Surabaya Terdongkrak

Secara image, lanjut Eri, nama Surabaya juga semakin terdongkrak di dunia internasional. Dari sisi akses maupun fasilitas, Surabaya telah memenuhi standar global, mulai dari terintegrasinya dengan bandara internasional, beragam pilihan hotel, serta fasilitas publik yang semakin baik. Belum lagi Surabaya juga terus bersolek dengan beragam atraksi yang digelar rutin di berbagai destinasi. Semua itu membentuk ekosistem yang baik, sehingga Surabaya semakin layak menjadi tempat penyelenggaraan event skala dunia.

“Bahkan bukan hanya event sport, tapi Surabaya juga telah dan kami optimistis bisa terus menjadi pilihan sebagai tuan rumah berbagai kegiatan meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE) skala nasional serta internasional,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.