Sukses

Ketua MP2 Sulbar Irmawati Umar Jadi Perempuan Inspiratif di Ajang Pemimpin Daerah Awards 2024

Ketua Militan Pejuang Perempuan (MP2) Sulawesi Barat, Irmawati Umar meraih penghargaan Perempuan Inspiratif pada ajang Pemimpin Daerah Awards 2024 diserahkan oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Kamis (08/08/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Militan Pejuang Perempuan (MP2) Sulawesi Barat, Irmawati Umar, menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Perempuan Inspiratif pada ajang Pemimpin Daerah Awards 2024. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Kamis (08/08/2024) di Jakarta.

Acara Pemimpin Daerah Awards 2024 diadakan sebagai bentuk apresiasi terhadap para tokoh dan pemimpin yang dinilai berhasil mendorong kemajuan daerahnya. Irmawati menjadi salah satu di antara penerima penghargaan dari seluruh Indonesia yang dianggap berprestasi dan membanggakan bagi perempuan dari Indonesia Timur.

"Melalui penghargaan ini saya ingin menginspirasi dan membuat perempuan-perempuan di Sulawesi Barat untuk bersemangat ayo kita bersama-sama memajukan daerah dan membangun organisasi kita MP2," ujar Irmawati di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Pemimpin Daerah Awards adalah penghargaan prestisiun yang diberikan oleh stasiun televisi iNews, yang mendapatkan support penuh dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dewan juri Pemimpin Daerah Awards 2024 terdiri dari, Aviliani (Ekonom Senior INDEF), Dr. Wahyu T. Setyobudi (Pengajar Global Business Marketing Binus Business School dan Co Founder Astagatra Institute), Prof. Dr. Budi Frensidy (Ketua Senat Akademik & Guru Besar UI), Syafril Nasution (Pimpinan Umum iNews Media Group), dan Aiman Witjaksono (Pemimpin Redaksi iNews TV & Sindonews TV).

Harry Tanoesoedibjo selaku chairman MNC GROUP menyebutkan bahwa Pemimpin Daerah Awards tidak hanya untuk kepala daerah saja, tetapi untuk pimpinan di tingkat daerah seperti TNI/polri. Pihaknya menyebutkan ada 8 kategori dengan total 27 awards.

“Award ini ditujukan untuk memberikan apresiasi kepada pemimpin daerah yang memiliki prestasi di berbagai bidang untuk memajukan Indonesia dan memberikan contoh kepada pemimpin daerah yang lain untuk memberikan kontribusi yang baik lagi” ujar Harry Tanoe.

Dari Sulawesi Barat (Sulbar), ada dua tokoh yang menerima penghargaan. Pertama, Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin. Kedua, Irmawati Uar, sebagai sosok perempuan inspiratif.

Pihak juri menilai Irmawati Umar mampu memberikan banyak inspirasi bagi masyarakat. Dia dianggap punya kepedulian sosial yang tinggi, serta bisa menjadi teladan atau role model, tidak hanya bagi masyarakat Sulbar, tetapi juga seluruh Indonesia.

"Penghargaan ini adalah bukti bahwa kerja keras dan dedikasi kita semua dalam membangun Sulawesi Barat, khususnya dalam pemberdayaan perempuan, telah diakui. Saya berharap ini bisa menjadi motivasi bagi perempuan-perempuan lain untuk terus berkontribusi dan membuat perubahan positif di lingkungan mereka," ujar Irmawati.

Sebagai aktivis sosial, Irmawati Umar dikenal sebagai sosok yang sangat aktif dalam kegiatan sosial, terutama yang melibatkan perempuan. Salah satu pencapaiannya yang paling menonjol adalah keberhasilannya menggelar event Zumba Party di Polewali Mandar, yang diikuti oleh ribuan peserta dan mencatatkan kegiatannya di Rekor Museum Indonesia (MURI).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Inspirasi dalam Banyak Kegiatan Sosial

Dia juga dikenal sebagai sosok yang peduli dengan sesamanya. Bersama komunitasnya, dia selalu turun tangan membantu warga yang membutuhkan pertolongan.

Tak hanya itu, Irmawati juga merencanakan untuk menyelenggarakan sebuah acara tenun massal yang melibatkan 1.500 perempuan dari Tanah Mandar.

Kegiatan ini diharapkan akan kembali mencatatkan rekor MURI, sekaligus memperkuat identitas budaya lokal Sulbar melalui tenun tradisional. Inisiatif ini menunjukkan komitmen Irmawati dalam melestarikan dan mempromosikan budaya Sulawesi Barat di tingkat nasional.

Selain kontribusinya di bidang budaya dan olahraga, Irmawati juga dikenal atas kepeduliannya terhadap masyarakat setempat. Pada perayaan Idul Adha yang lalu, ia berkurban 15 ekor sapi yang disalurkan kepada warga di Polewali Mandar. Tindakan ini menunjukkan perhatian Irmawati terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam momen-momen penting seperti Hari Raya Idul Adha.

"Kegiatan yang saya lakukan, seperti Zumba Party dan tenun massal yang akan datang, bukan hanya tentang memecahkan rekor, tetapi lebih pada upaya untuk mempererat hubungan sosial dan memperkuat identitas budaya kita. Saya ingin menunjukkan bahwa perempuan Sulbar maupun perempuan Indonesia bisa berperan besar dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan sejahtera."

Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Sulawesi Barat, tetapi juga menginspirasi banyak perempuan lainnya untuk terus berkontribusi dalam memajukan daerah mereka masing-masing.

"Kita ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Perempuan tidak hanya bisa berpartisipasi, tetapi juga bisa memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.