Sukses

Mantan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat Diusung Gerindra dan PSI di Pilkada 2024

Wahyu Hidayat mantan Pj Wali Kota Malang menyerahkan ke parpol pengusungnya untuk memilih calon wakil wali kota dalam Pilkada 2024

Liputan6.com, Malang - Wahyu Hidayat bakal diusung koalisi partai politik (parpol) Gerindra dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam Pilkada Kota Malang sebagai bakal calon Wali Kota. Deklarasi pencalonannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Surat rekomendasi dari koalisi parpol itu disebut -sebut akan memasangkan Wahyu Hidayat dengan kader PSI, Ali Mutohirin. Sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada Kota Malang 2024 ini.

"Soal wakil saya serahkan ke parpol, mereka yang berdiskusi. Saya siap saja," kata Wahyu, Minggu, 11 Agustus 2024 malam.

Hasil Pemilu 2024 untuk DPRD Kota Malang, Gerindra mendapat 6 kursi dan PSI 2 kursi. Koalisi ini memerlukan tambahan satu kursi lagi agar bisa mengusung Wahyu Hidayat dalam Pilkada 2024 nanti. 

Sebab syarat mendaftar di KPU Kota Malang adalah minimal memiliki 9 kursi di DPRD Kota Malang. Menurut Wahyu, mencari tambahan kursi dan komunikasi antar parpol itu menjadi urusan dari Gerindra yang akan mengusungnya.

"Saya hanya fokus bagaimana menaikkan elektabilitas dan lainnya. Bagi-bagi tugas saja, tentu tetap koordinasi," urai dia.

Mantan Penjabat atau Pj Wali Kota Malang ini menambahkan, jadwal deklarasi juga diserahkan ke parpol. Bisa jadi saat itu sudah final bakal calon wakil serta koalisi parpol yang mengusungnya dalam Pilkada Kota Malang 2024. 

"Deklarasi nanti akan diumumkan parpol langsung. Saya mempersiapkan diri saja," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mundir Sebagai Pj Wali Kota Malang

Wahyu Hidayat mundur dari jabatannya sebagai Pj Wali Kota Malang karena maju dalam Pilkada 2024. Dia resmi mengakhiri jabatannya setelah surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) turun pada Sabtu, 10 Agustus 2024.

Dia digantikan Iwan Kurniawan yang sebelumnya menjabat Pj Bupati Lebak, Banten. Serah terima jabatan sekaligus pelantikan Pj Wali Kota pengganti digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada Sabtu malam itu juga.

Pemkot Malang menggelar pisah sambut untuk Pj Wali Kota lama dan baru dengan menggelar malam keakraban di Gedung Malang Creative Center (MCC) pada Minggu, 11 Agustus 2024 malam.

Selain pejabat di lingkungan Pemkot Malang, dalam kegiatan itu hadir pula Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang. Seperti Kapolresta Malang Kota, Ketua DPRD Kota Malang, Kepala Kejaksaan, Komandan Kodim Kota Malang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.