Sukses

Khofifah Dapat Penghargaan Lencana Melati di Peringatan Hari Pramuka 2024

Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus sekaligus merupakan HUT Pramuka ke-63 Tahun 2024.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menerima penganugerahan tanda penghargaan Lencana Melati dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024.

"Terima kasih luar biasa kami sampaikan atas penghargaan Lencana Melati bagi kami. Ini menjadi penyemangat bersama untuk terus menumbuhkan semangat Pramuka yang hebat, penuh asa di Jawa Timur," kata Khofifah dalam keterangan diterima di Surabaya, Kamis (15/8/2024).

Lebih lanjut ia menyebut bahwa gerakan kepanduan Pramuka memiliki peran penting dalam menyiapkan generasi muda berjiwa Pancasila dan cinta tanah air. Karakter ini penting sebagai salah satu modal kuat dalam menghadapi tantangan global.

Pesan tersebut sejalan dengan tema Hari Pramuka tahun 2024 yakni 'Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI'. Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus sekaligus merupakan HUT Pramuka ke-63 Tahun 2024.

"Penanaman nilai-nilai Pancasila ini menjadi salah satu kekuatan dan ciri khas dari kepanduan Pramuka. Tidak hanya menciptakan generasi cinta Pancasila dan NKRI, tapi gerakan Pramuka adalah kawah candradimuka yang menempa generasi muda menjadi penerus bangsa yang tangguh, jujur, disiplin, dan amanah," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan Pramuka berperan dalam menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini juga menekankan tanggung jawab anggota Pramuka untuk aktif menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, serta berkontribusi dalam proses kemajuan bangsa. Sehingga selain mandiri, bertanggungjawab, seorang anggota Pramuka harus berjiwa Pancasila," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membentuk Karakter dan Kepribadian

Menurutnya, Pramuka tidak hanya berperan dalam pembangunan karakter anggotanya, tapi juga berperan aktif dalam berbagai program pengabdian masyarakat. Di mana anggota Pramuka selalu terlibat dalam penanganan bencana, bakti sosial, dan pemberdayaan masyarakat.

"Partisipasi Pramuka dalam kegiatan tersebut tidak hanya membantu masyarakat, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan anggota Pramuka untuk menjadi lebih peduli dan tanggap terhadap kebutuhan sekitar," katanya.

"Selamat Hari Pramuka. Semoga semangat dan dedikasi dalam mendarmabaktikan diri kepada masyarakat dan bangsa terus menginspirasi dan memberi manfaat. Teruslah menjadi teladan dalam setiap tindakan dan sikap," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.