Sukses

Jadi Biang Kemacetan, Pemkot Surabaya Lebarkan Ruas Jalan Raya Menganti

Pemkot Surabaya tidak hanya membangun pelebaran Jalan Raya Menganti, akan tetapi juga membuatkan saluran di tengah secara paralel sama seperti yang ada di Jalan Raya Wiyung.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau langsung proses pengerjaan proyek pelebaran Jalan Raya Menganti yang berlokasi di Kelurahan Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur melakukan pelebaran Jalan Raya Menganti sebagai upaya untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di wilayah itu.

"Pemkot Surabaya mengerjakan pelebaran jalan mulai dari Jalan Raya Menganti hingga ke perbatasan Kabupaten Gresik. Untuk sementara ini, pemkot mengerjakan pelebaran sekitar 500 meter terlebih dahulu," katanya di Surabaya, Kamis (15/8/2024).

Ia mengemukakan, pelebaran jalan sepanjang 500 meter itu ditargetkan tuntas pada awal November 2024. Setelah itu, Pemkot Surabaya melanjutkan pengerjaan Jalan Raya Menganti sepanjang 1,2 kilometer pada awal 2025.

"Kemudian di tahun 2026 dilanjutkan pengerjaan sepanjang 2,1 kilometer. Di 2026 sampai dengan Asrama Polri. Insyaallah nanti di tahun 2027-2028 itu sampai ke Gresik," katanya.

Ia mengatakan, proyek pelebaran Jalan Raya Menganti ini disesuaikan dengan Rancangan Pembangunan Jangka Pendek Daerah (RPJMD) Kota Surabaya lima tahunan.

"Harusnya, pengerjaan jalan tersebut sudah bisa selesai di tahun 2024. Dikarenakan pada saat itu terjadi wabah COVID-19, akhirnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2021 dialihkan untuk penanganan COVID-19 di Kota Surabaya," katanya.

Dirinya menyebutkan, meskipun di tahun 2021 terjadi COVID-19, pembangunan fisik di Kota Surabaya tidak sampai mundur hingga tahun 2026. Sehingga, pengerjaan saat itu digunakan untuk COVID-19, maka anggaran difokuskan di tahun 2024, 2025, dan 2026.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Selesai Akhir November

Ia memastikan, pengerjaan Jalan Raya Menganti sepanjang 500 meter kali ini bisa segera selesai pada akhir November atau awal Desember 2024.

Pemkot tidak hanya membangun pelebaran Jalan Raya Menganti, akan tetapi juga membuatkan saluran di tengah secara paralel sama seperti yang ada di Jalan Raya Wiyung.

"Ini sudah dibebaskan, ini (berjalan) paralel, jadi ada yang sudah dibebaskan langsung dirobohkan. Nantinya akan digali dibuatkan saluran di tengah, persis seperti yang ada di Wiyung, terus sampai ke arah Gresik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.