Sukses

Rayakan HUT RI, Para Seniman Tampilkan 79 Karya Visual Serentak di Pusat Kota Jakarta

Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum Cagar Budaya Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengungkapkan, kolaborasi ini adalah bentuk nyata apresiasi terhadap seni Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku industri ekonomi kreatif yang tergabung dalam JICAF (Jakarta Illustration & Creative Arts Fair) dan AMLI (Asosiasi Media Luar Griya Indonesia), merayakan HUT ke-79 RI dengan membuat Galeri Seni Luar Griya dengan menampilkan 79 karya seniman visual anak bangsa di ruang publik. 

Mereka menampilkan video kompilasi 79 karya seniman yang ditayangkan secara bersamaan pada 17 Agustus pukul 17.08 WIB selama 45 detik di seluruh LED videotron yang terdapat di ikon kota Jakarta, yaitu Bundaran HI dan sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin, Stasiun MRT, dan juga  beberapa kota lainnya.

“Dengan menampilkan karya-karya 79 seniman di LED videotron display di Bundaran HI dan sekitarnya, kami berusaha menghilangkan jarak antara karya dan penikmat seni dengan menghadirkannya di tengah ruang publik,” jelas Yoga Prathama, Direktur Program JICAF, Senin (19/8/2024).

79 seniman visual yang berkolaborasi dalam perayaan ini adalah Abenk Alter, Agil8, Ajay Ahdiyat, Antonio Reinhard, Aosoora, Ardhira Putra, Arris Aprillo, Arya Mularama, Atmos, Bethania Brigitta, Carrot is Wortel, Ceyza Amera, Chenny Aviana, Crackthetoy, Dean Ananta, Dudu, Ega Mawardani, Elicia Edijanto, Ferroza Carl, Fetradanu, Firology, GULA, Gusde Sidhi, Henky Jaya Dinata, Imelda Adams, Isha Hening, Jeanifer Youngky, Josep Tri Ronggo, Juki, Kathox, Kathrin Honesta, Kemas Acil, Kevin Varian, Kong Andri, Liunic, M. Fatchurofi.

Selain itu ada Maryam Nisa, Mirfak Prabowo, Mochtar Sarman, Muhammad Iqbal, Nabila Adani, Nadya Noor, Nikojutsu, Nugraha Pratama, OLI, Owi Liunic, Pinot, Popomangun, Precious Junkz, RA Katamsi, Rajaya Yogaswara, Rensi Ardinta, Rezza Rainaldy, Rizal Ulum, Royes, rubahitam, Rukmunal Hakim, Sanchia Hamidjaja, sarkodit, Serotonnin, Sheila Rooswitha Putri, SIGIT EZRA, Skudeye, Stereoflow, Subjekt Zero, Tahilalats, Tanya Eirena Yeru, Thy Atelier, TUTU, ugiio, Varsam Kurnia, Wanda Almira, Wickana, Winny Astrini, Wulang Sunu, Yasmin Daud, Ykha Amelz, Yoel Kristiandi, Yudit Halim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Seni Indonesia

Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum Cagar Budaya Kemendikbudristek Ahmad Mahendra  mengungkapkan, kolaborasi ini adalah bentuk nyata apresiasi terhadap seni Indonesia.

"Dengan menghadirkan karya-karya seniman visual Indonesia di ruang publik dengan menggunakan media luar griya, kita merayakan kemerdekaan, sekaligus memperkuat identitas, warisan budaya, dan kreativitas bangsa," jelasnya.

F Bernadi, Ketua Umum AMLI Indonesia menambahkan, inisiatif ini merupakan perpaduan kreativitas seniman visual dan teknologi LED videotron dalam penyampaian pesan dan visual untuk menjadikan perayaan 79 Tahun kemerdekaan lebih menarik dan berkesan.

F. Bernadi juga menyampaikan bahwa pembangunan komunitas dan kolaborasi demi terciptanya Indonesia Emas 2045 harus dimulai dari sekarang.

Hal ini bisa dimulai melalui keterlibatan para pelaku industri kreatif untuk memperkuat peran kolaboratif dengan membangun hubungan yang lebih kuat dengan berbagai pemangku kepentingan. Inisiatif ini tentunya juga berkontribusi pada perkembangan dan profesionalisme industri kreatif di Indonesia dengan mendorong standar kualitas yang tinggi dalam penyampaian pesan melalui konten visual.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.