Sukses

Sempat Ditutup Akibat Karhutla, Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo Dibuka Kembali

Setelah dua hari kebakaran di kawasan taman nasional itu, katanya, kebakaran dapat terkendali sehingga kunjungan wisata dibuka kembali.

Liputan6.com, Surabaya - Objek wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo, kembali dibuka setelah sempat ditutup selama dua hari akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Penutupan sementara untuk kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Baluran Situbondo beberapa hari lalu ini demi keselamatan pengunjung karena kebakaran terjadi di jalur menuju Bekol (padang sabana)," ujar Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan, Senin (19/8/2024).

Johan menjelaskan penutupan sementara kunjungan wisatawan ketika terjadi kebakaran dilakukan lantaran membahayakan pengujung serta digunakannya jalur wisatawan bagi petugas untuk mobilisasi memadamkan api.

Setelah dua hari kebakaran di kawasan taman nasional itu, katanya, kebakaran dapat terkendali sehingga kunjungan wisata dibuka kembali.

"Kami sampaikan permohonan maaf kepada wisatawan atas ketidaknyamanan karena jika terjadi kebakaran sesuai SOP kami menutup kunjungan wisatawan," ujar Johan.

Wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo menjadi destinasi bagi wisatawan dari berbagai daerah termasuk wisatawan mancanegara yang berlibur di Pulau Dewata Bali.

Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo menyuguhkan pemandangan alam salah satunya di hamparan padang sabana di Bekol, dan di padang sabana ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto bersama keluarga dengan latar Gunung Baluran.

Tiket masuk objek wisata Taman Nasional Baluran masih tetap sama seperti sebelumnya, yakni pada hari kerja Rp16.000 per orang, Rp18.500 per orang untuk hari libur (tanggal merah) termasuk libur akhir pekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.