Sukses

Antusiasme Masyarakat Tinggi, Pemkab Lamongan Kembali Gelar Festival Gandrung Rajungan

Festival Rajungan 2024 merupakan kali kedua karena antusiasme masyarakat yang tinggi hingga menjadi daya tarik pariwisata.

Liputan6.com, Lamongan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur kembali menggelar Festival Gandrung Rajungan di tahun 2024

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan Siti Rubikah mengatakan gelaran Festival Gandrung Rajungan ini bertujuan untuk mengangkat potensi kuliner tradisional di wiliayah setempat.

"Kami dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamongan telah menentukan kalender event. Festival Gandrung Rajungan 2024 akan kami gelar pada 27 Agustus 2024," kata dia di Lamongan, Selasa (20/8/2024).

Siti mengatakan, festival ini akan mengungkit potensi ekonomi unggulan daerah Lamongan di sektor kemaritiman, dan tahun ini merupakan kali kedua digelar.

Festival Rajungan 2024 merupakan kali kedua karena antusiasme masyarakat yang tinggi hingga menjadi daya tarik pariwisata.

"Setelah mengaca tahun lalu yang sukses dan respons masyarakat yang tinggi, hingga menjadi daya tarik wisatawan, maka kami gelar kembali," katanya.

Pada Tahun 2023, kata dia, festival ini tidak hanya mendorong ekonomi, tapi juga pariwisata dan kebudayaan.

"Lamongan memiliki potensi besar penghasil rajungan, dan di sektor kemaritiman, rajungan telah ditetapkan sebagai bahan baku utama dalam kegiatan ekspor oleh berbagai perusahaan dan investor," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Tangkapan Rajungan di Lamongan Capai 1.700 Ton per Tahun

Sementara itu di pesisir Pantura, khususnya di Kabupaten Lamongan tercatat ada 6 perusahaan yang telah memanfaatkan rajungan sebagai komoditas Utama, seperti PT Bumi Menara Internusa (BMI) di Kecamatan Deket dan PT Sumber Kemenangan Sejahtera Abadi (SKSA) di Kecamatan Mantup.

Berdasarkan data dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, potensi tangkapan rajungan mencapai 1.700 ton per tahun, dengan harga saat ini mencapai 100.000 rupiah per kilogram.

Sebagian besar rajungan hasil tangkapan 90 persennya diekspor dalam bentuk daging ke Amerika Serikat, Eropa dan Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.