Sukses

KPU Banyuwangi Terima Dua Pasang Calon Peserta Pilkada, Petahana Didukung 16 Partai

Pasangan Gus Makki dan Ali Rukhi harus menghadapi lawan yang cukup berat karena pasangan petahanan didukung 16 partai politik.

Liputan6.com, Banyuwangi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu, menerima pendaftaran dua bakal calon bupati dan wakil bupati pada hari kedua tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024.

Selain pasangan petahana Ipuk Fiestiandani dan Mujiono ada juga pasangan calon Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki) dan Ali Ruchi yang juga mendaftar di kontestasi Pilkada Banyuwangi.

Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi Dian Purnawan di Banyuwangi, Rabu (28/8/2024), mengemukakan bahwa pasangan calon petahana Ipuk Fiestiandani dan Mujiono menjadi peserta kontestasi pilkada pertama mendaftar diri pada hari kedua pendaftaran Pilkada Serentak 2024 yang dibuka sejak Selasa (27/8) hingga Kamis (29/8).

"Jadi, pasangan calon Ipuk Fiestaindani dan Mujiono menjadi yang pertama datang (mendaftar sebagai bakal cabup-cawabup)," kata Dian Purnawan.

Pasangan Gus Makki dan Ali Rukhi harus menghadapi lawan yang cukup berat karena pasangan petahanan didukung 16 partai politik.

16 partai politik pengusung dan pendukung bakal calon bupati dan wakil bupati petahana Ipuk Fiestiandani dan Mujiono, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, NasDem, PPP, PKS, Hanura, PAN, Garuda, Perindo, Ummat, Gelora, PSI, PKN, dan Partai Buruh. Pasangan calon Gus Makki dan Ali Ruchi mendaftar ke KPU Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada hari yang sama, beberapa jam kemudian ada pasangan calon Moh Ali Makki Zaini (Gus Makki) dan Ali Ruchi yang juga mendaftarkan diri ke KPU Banyuwangi sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didukung PKB dan PBB

Bakal calon bupati dan wakil bupati Gus Makki dan Ali Ruchi mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 didukung dan diusung dua partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Bulan Bintang atau PBB.

​​​​​​​Dengan demikian, sejak hari pertama hingga hari kedua tahapan pendaftaran Pilkada Serentak 2024 KPU Kabupaten Banyuwangi telah menerima dua pasangan calon bupati dan bakal calon wakil bupati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.