Sukses

PKB Optimistis Luluk Nur Hamidah Mampu Bersaing dengan Khofifah di Pilgub Jatim

Luluk Nur Hamidah maju menjadi Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng IV meliputi Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen. Di dapil ini, PKB tidak mendapatkan kursi sama sekali, yang berarti Luluk tidak lolos ke Senayan.

Liputan6.com, Surabaya - Bendahara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim, Fauzan Fuadi optimitistis jagonya mampu bersaing dengan petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak maupun pasangan lain dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024.

Fauzan di Surabaya, Rabu mengatakan bahwa PKB mengusung kader internalnya, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim dinilai pantas untuk bertarung memperebutkan kursi Gubernur Jatim, karena merupakan sosok yang matang dan mumpuni memimpin wilayah tersebut.

"Ini calon tidak akan kalah cerdas dibandingkan yang ada. Perempuan cerdas," kata pria yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini, Rabu (28/8/2024), dilansir dari Antara.

Fauzan menyebut saat ini partainya menyiapkan seluruh berkas persyaratan pendaftaran Luluk-Lukman ke KPU Jatim. Setelah itu, PKB akan mengantarkan pasangan tersebut di hari terakhir pendaftaran pada Kamis (29/8).

"Besok sore," jawab Fauzan singkat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, baik Luluk maupun Lukman, pada Pemilihan Legislatif 2024, tidak terpilih untuk menduduki kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Luluk Nur Hamidah maju menjadi Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng IV meliputi Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen. Di dapil ini, PKB tidak mendapatkan kursi sama sekali, yang berarti Luluk tidak lolos ke Senayan.

Sedangkan pasangannya, Lukmanul Hakim juga gagal ke Senayan setelah kalah pada Pileg 2024, melalui Dapil X Gresik - Lamongan. Lukman memperoleh 29.528 suara, kalah dengan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid dengan perolehan 33.619 suara.

Di Dapil X Jatim tersebut hanya enam partai yang lolos ke Senayan. Yaitu PKB, PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, dan Demokrat, yang masing-masing mendapat satu kursi DPR RI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasangan Khofifah-Emil Dardak

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menerima pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim 2024, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Khofifah-Emil menjadi pasangan pertama yang mendaftar Pilkada Jatim ke KPU.

"Berdasarkan hasil laporan dari tim verifikator kami, dokumen yang disampaikan pasangan Khofifah-Emil kami nyatakan lengkap dan diterima," ujar Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi, Rabu (28/8/2024).

Aang melanjutkan, setelah diterimanya pendaftaran, selanjutnya pasangan Khofifah-Emil akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Rencananya, pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan di RSUD dr. Soetomo pada 29 Agustus 2024 pagi.

"Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan besok pagi. Karena tahapannya cukup padat dan kami menyesuaikan," ucapnya.

Aang pun menyampaikan permohonan maaf apabila dalam proses penerimaan pendaftaran masih terdapat kekurangan. Ia pun mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengarungi Pilkada di Jatim sesuai prinsip-prinsip penyelenggaraan Pemilu dan bersama-sama merealisasikan tagline 'Seneng Bareng.'

"Beda pilihan silahkan, tapi keceriaan, seneng bareng, jangan pernah dilupakan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.