Sukses

PDIP Usung Heri-Ganis Rumpoko Maju Pilkada Kota Malang 2024

PDIP mendaftakan Heri Cahyono dan Ganis Rumpoko di hari terakhir pendaftaran Pilkada 2024 dan jadi pasangan ketiga yang mendaftar di KPU

Liputan6.com, Malang - PDI Perjuangan mengusung Heri Cahyono-Ganis Rumpoko sebagai bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilkada Kota Malang 2024. 

Mereka mendaftar di hari terakhir pendaftaran Pilkada Kota Malang 2024 pada Kamis, 29 Agustus 2024. Rombongan ini tiba di kantor KPU sekitar pukul 14.55. 

Duet bakal paslon ini termasuk kejutan, sebab Heri Cahyono (Sam HC) sebelumnya mendaftar dari jalur perseorangan atau calon independen. Tapi gagal, tak lolos verifikasi bukti dukungan. 

"Alhamdulillah, hari ini kami diantar PDIP menyerahkan berkas dokumen pendaftaran di KPU," kata Heri usai pendaftaran.

Menurutnya, ada campur tangan Tuhan sehingga dia akhirnya berlabuh ke PDIP untuk maju dalam Pilkada. Sebab dia tak pernah menawarkan diri sebagai calon wali kota ke parpol berlambang banteng moncong putih.

"Saya melihat PDIP mengapresiasi apa yang sudah saya lakukan selama ini," ujar dia.

Heri menyebut siap adu gagasan dalam Pilkada Kota Malang 2024 untuk membangun Kota Malang bersama pasangannya, Ganis Rumpoko. Ganis yang berusia 34 tahun bisa mewakili suara anak muda dan perempuan.

"Bersama PDIP dan para masyarakat pendukung saya, kami siap memenangkan Pilkada," ujar Heri.

PDIP sendiri dapat mengusung calon sendiri dalam Pilkada Kota Malang 2024 meski bila menggunakan Peraturan KPU lama. Sebab, parpol ini meraih 9 kursi di DPRD Kota Malang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganis Mundur dari DPRD

Ganis Rumpoko merupakan anggota DPRD Kota Batu periode 2024-2029 terpilih hasil Pemilu 2024. Dia sudah mengajukan pengunduran diri, tapi masih akan tetap dilantik pada Jumat, 30 Agustus mendatang.

"Surat pengajuan pengunduran diri sudah dikirim lewat DPC PDIP kemarin," kata dia.

Partai akan membantu mengirim surat itu ke KPU Kota Batu. Selama proses itu, Ganis menyebut akan tetap ikut pelantikan anggota dewan sebagai syarat administrasi. Setelah itu baru diganti lewat mekanisme Pergantian Antar Waktu. 

"Jadi setelah pelantikan langsung diganti, aturannya seperti itu," ujar Ganis.

Nama Ganis Rumpoko bukan sosok sembarang. Dia adalah putri dari pasangan Eddy Rumpoko dan Dewanti Rumpoko. Eddy adalah Wali Kota Batu periode 2007-2012 dan 2012-2017 yang kesandung kasus korupsi.

Sedangkan ibunya, Dewanti Rumpoko merupakan Wali Kota Baru periode 2017-2022. Kini Dewanti terpilih menjadi anggota DPRD Jawa Timur hasil pemilu 2024 kemarin.

Ketua DPC PDIP Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, mengatakan pendaftaran bakal paslon Heri Cahyono-Ganis Rumpoko adalah instruksi dari DPP PDIP. 

"Ini adalah koalisi rakyat, gabungan dari PDIP dan suara masyarakat pendukung Heri Cahyono," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.