Sukses

4 Anggota DPRD Kota Batu Terpilih Mundur karena Maju Pilkada 2024

Penetapan pengganti keempat orang itu adalah peserta dari satu partai dengan melihat perolehan suara di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Kota Batu - Empat anggota DPRD Kota Batu terpilih dipastikan mengundurkan diri karena maju Pilkada 2024.

"Empat orang ini ketika sudah ada penetapan bakal calon wali kota dan wakil wali kota, otomatis tidak menjadi anggota DPRD karena mengundurkan diri," kata Sekretaris DPRD Kota Batu, Endro Wahjudi.

Adapun keempat orang tersebut, yakni Nurochman, Heli Suyanto, Rudi, dan Ganisa Pratiwi Rumpoko atau yang biasa dikenal dengan panggilan Ganis Rumpoko.

Nurochman dan Heli Suyanto merupakan pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu di Pilkada 2024.

Kemudian Rudi menjadi pendamping Firhando Gumelar yang juga telah mendaftar ke KPU Kota Batu. Sedangkan Ganis Rumpoko akan berkontestasi di Pilkada Kota Malang sebagai bakal calon Wakil Wali Kota, mendampingi Heri Cahyono atau Sam HC.

Endro menjelaskan surat pernyataan pengunduran diri dari keempat nama tersebut harus diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum tingkat kota. Selain itu, surat pengunduran juga diserahkan ke pimpinan DPRD definitif dan diproses hingga ke tingkat provinsi. 

"Lalu Ketua DPRD akan mengirimkan surat kepada gubernur melalui kepala daerah yang sekarang, nanti ada surat keputusan untuk penggantian," ucapnya.

Penetapan pengganti keempat orang itu adalah peserta dari satu partai dengan melihat perolehan suara di Pemilu 2024.

"Sebelum penetapan supaya PAW, karena DPRD ini masih banyak hal yang harus terus dibahas, seperti penetapan KUA-PPAS dan APBD 2025," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganis Rumpoko Serahkan Surat Pengunduran Diri

Sementara, bakal calon Wakil Wali Kota Malang Ganis Rumpoko menyatakan surat pernyataan pengunduran dirinya sebagai anggota DPRD sudah diserahkan ke pengurus partai yang menaunginya.

"Sudah diserahkan ke DPC sebelum aku daftar," ujarnya.

Anggota DPRD Kota Batu terpilih yang juga bakal calon wali kota setempat Heli Suyanto menyatakan mematuhi aturan kepemiluan dan akan membuat surat pernyataan pengunduran diri.

"Saya mengajukan surat pengunduran diri sesuai tahapan pilkada," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.