Sukses

KPU Pamekasan Pastikan 3 Pasang Calon Peserta Pilkada Lolos Tes Kesehatan

Pemeriksaan terhadap ketiga pasangan calon itu telah digelar di RSUD Pamekasan pada 29 hingga 31 Agustus 2024.

Liputan6.com, Pamekasan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Selasa mengumumkan, semua bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan lolos tes kesehatan.

"Ini sesuai hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Martodirdjo Pamekasan," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Pamekasan A Tajul Arifin di Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (10/9/2024).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter yang disampaikan ke KPU Pamekasan, ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati itu dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani dan tidak ada yang terindikasi narkoba.

Pemeriksaan terhadap ketiga pasangan calon itu telah digelar di RSUD Pamekasan pada 29 hingga 31 Agustus 2024.

Pasangan calon KH Kholilurrahman-Sukriyanto merupakan pasangan yang melakukan pemeriksaan kesehatan pertama, selanjutnya pasangan Fattah Jasin-Mujahid Ansori, dan yang terakhir pasangan Muhammad Baqir Aminatullah-Taufadi.

Menurut Tajul, setelah tahap pemeriksaan kesehatan, KPU akan melakukan penelitian berkas pendaftaran bakal calon.

Sesuai jadwal, sambung dia, penelitian berkas mulai tanggal 6 hingga 14 September, sedangkan pengumuman hasil penelitian dijadwalkan pada tanggal 13 hingga 14 September 2024.

"Berikutnya adalah tanggapan dari masyarakat serta klarifikasi dari masukan yang disampaikan oleh masyarakat," katanya.

Masukan atau tanggapan masyarakat dijadwalkan pada tanggal 15 hingga 18 September, tahap klarifikasi dari masukan yang disampaikan masyarakat dijadwalkan pada tanggal 15 hingga 21 September 2024.

“Sementara untuk penetapan pasangan calon pada 22 September. Pengundian dan pengumuman nomor urut paslon pada tanggal 23 September 2024," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama 3 Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan

Sesuai ketentuan Pilkada serentak 2024 akan digelar pada 27 November. Pemungutan suara akan digelar di 1.270 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan Se-Kabupaten Pamekasan.

Sebanyak tiga bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan.

Masing-masing pasangan KH Kholilurrahman-Sukriyanto (Kharisma), Fattah Jasin-Mujahid Ansori (Tauhid), dan pasangan Mohammad Baqir Aminatullah-Taufadi (Berbakti).

Pasangan Kharisma diusung oleh koalisi Partai Demokrat, Gelora, PAN, dan Nasdem. Pasangan Tauhid oleh koalisi PBB, PKS, Gerindra, Golkar, PSI, Garuda, dan PKB.

Sedangkan pasangan Berbakti diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demoktrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Hanura dan Perindo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.