Sukses

Siapa Pengganti Wali Kota Pasuruan Setelah Gus Ipul Dilantik Jadi Mensos?

Terkait penunjukkannya sebagai Mensos, Gus Ipul menilai hal itu merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan Presiden kepada dirinya.

Liputan6.com, Pasuruan - Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menanggalkan jabatannya sebagai Wali Kota Pasuruan setelah dirinya dilantik menjadi Menteri Sosial.

Pelantikan Gus Ipul sebagai Menteri Sosial dilakukan di Istana Negara Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB.

"Per hari ini juga saya mundur sebagai Wali Kota Pasuruan, otomatis itu," kata Gus Ipul usai dilantik sebagai Mensos di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Dia menyampaikan akan segera berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy selaku Pelaksana Tugas Mensos sebelumnya, termasuk untuk mengikuti proses serah terima jabatan.

Terkait penunjukkannya sebagai Mensos, Gus Ipul menilai hal itu merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan Presiden kepada dirinya.

Ia akan membantu Presiden di sisa masa pemerintahan satu bulan ini, termasuk ikut mempersiapkan transisi pemerintahan berikutnya yang berkaitan dengan tugas-tugas menteri sosial.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial (Mensos) definitif menggantikan Tri Rismaharini yang kini maju di kontestasi Pilkada 2024.

Pelantikan Saifullah Yusuf digelar di Istana Negara Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB, sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 102B 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD negara RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara" kata Gus Ipul saat mengucap sumpah yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

Selain itu, Saifullah Yusuf juga berjanji akan menjalankan tugas jabatan dan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan PDIP Terkait Pengganti Risma di Kemensos

Juru bicara DPP PDIP Chico Hakim angkat bicara soal pelantikan Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial (Mensos). Diketahui, Risma mundur sebagai Mensos usai mendaftar sebagai cagub Jatim.

Chico menyatakan PDIP tidak ada masalah pengganti Tri Rismaharini bukan dari kader PDIP.

"Enggak ada masalah dengan pergantian yang diisi oleh bukan kader PDIP, apalagi ini juga pertama itu adalah hak prerogatif presiden, kami juga tidak pernah menyodorkan siapapun sebagai pengganti Bu Risma," kata Chico kepada wartawan, Rabu (11/9/2024).

Apalagi, Chico menilai, periode pemerintahan Presiden Jokowi hanya tinggal satu bulan lagi dan tidak ada hal krusial dalam waktu dekat ini.

"Waktu pemerintahan periode ini tinggal sebulan lagi, saya rasa tidak ada hal-hal krusial yang menjadi pekerjaan dalam satu bulan terakhir," ungkapnya.

"Maka dari itu juga saya rasa kenapa Bu Risma mengundurkan diri, artinya sudah menuntaskan pekerjaan-pekerjaan beliau di Kementerian, jadi ini enggak ada masalah apa-apa dari kami," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.