Sukses

Pemkot Surabaya Gelar Pasar Murah Tekan Inflasi Harga Kebutuhan Pokok

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya mengatakan, GPM kali ini untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat yang tinggal di sekitar Jalan Karang Rejo Sawah III.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur menggelar Gerakan Pangan Murah atau GPM untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Gerakan pangan murah di Surabaya ini sebagai upaya pemkot untuk menekan laju inflasi harga kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya mengatakan, GPM kali ini untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat yang tinggal di sekitar Jalan Karang Rejo Sawah III.

"Di sini masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga murah. Selain itu, adanya kegiatan ini juga bisa untuk menstabilkan inflasi," katan Antiek Sugiharti di Surabaya, Rabu (11/9/2024).

Antiek menjelaskan, produk yang dijual di GPM kali ini ada berbagai jenis bahan pokok, mulai dari beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP), beras premium, minyak goreng, gula pasir, tepung, hingga mie instan.

"Kami ada beras SPHP dan premium, masing-masing kita sediakan 1 ton, jadi ada 2 ton. Kemudian 1.500 liter minyak goreng, juga ada 450 kilogram gula pasir, dan kita juga sediakan tepung," katanya.

Selain itu, di GPM kali ini DKPP Surabaya juga menyediakan 100 pak bawang merah, 100 pak cabai, dan 100 pak bawang putih.

"Juga ada daging dari RPH, dan juga kolaborasi dengan bu camat untuk menjajakan produk UMKM Kecamatan Wonokromo," katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan GPM adalah kegiatan rutin setiap bulan yang diselenggarakan oleh Pemkot Surabaya secara bergilir dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya yang berada di Surabaya.

"Targetnya satu bulan satu kali pelaksanaannya, jadi selama setahun kami ada 12 kali. Di luar itu, kami juga berkolaborasi dengan kegiatan pasar murah," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Lebih Terjangkau

Warga Karang Rejo Timur Gang III, RT01, Kecamatan Wonokromo, Annie mengaku terbantu dengan adanya kegiatan GPM yang digelar oleh Pemkot Surabaya karena harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di GPM lebih terjangkau daripada di tempat lainnya.

"Alhamdulillah harganya terjangkau, daripada harga di luar. Kami harap pemkot bisa sering-sering menggelar seperti ini, karena harganya juga murah dari tempat lain," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.