Sukses

Prosesor PS4 Diklaim 43 Kali Lebih Kuat Dibanding PS2

Tak hanya PS2, konsol game pesaing Xbox One pun diklaim mampu dikalahkan.

Liputan6.com, Untuk pertama kalinya sejak dirilis pada November 2013 lalu, Sony akhirnya mengumumkan clockspeed yang mampu dihasilkan oleh prosesor yang digunakan pada konsol PlayStation 4 (PS4). Melalui akun resmi Google+, pihak Sony UK mengumumkan bahwa konsol game generasi terbaru mereka itu memiliki Accelerated Processing Unit (APU) yang mampu mencapai kekuatan 8 x 1.6 GHz.

Bila dibandingkan dengan konsol game pendahulunya, PlayStation 2 (PS2), prosesor AMD Jaguar yang digunakan pada PS4 itu 43 kali lipat lebih kuat dan cepat dibandingkan PS2. Tak hanya PS2, konsol game pesaing Xbox One pun diklaim mampu dikalahkan.

Mengutip laman Kotaku, Senin (10/3/2014), hasil pengujian benchmark Substance Engine menunjukkan bahwa setiap inti dari prosesor PS4 bisa berjalan di 2 GHz dan menghasilkan kecepatan 14MB per detik. Sementara Xbox One hanya mampu menampilkan 12 MB per detik.

Keunggulan prosesor milik PS4 dibandingkan Xbox One sendiri sudah teridentifikasi sejak beberapa waktu lalu sebelum Sony membeberkan spesifikasi dapur pacu dari PS4 secara mendetail seperti saat ini. Buktinya, sejumlah judul video game populer hadir dengan resolusi lebih besar di PS4 dibandingkan Xbox One.

Video game Watch Dogs contohnya, game bertema kriminal besutan Ubisoft itu hadir dengan resolusi 1080p di PS4, sedangkan di Xbox One hanya 960p.

Baca juga:
6 Juta Unit PlayStation 4 Ludes Terjual
Sony Optimis PS4 Bisa Samai Pencapaian PS2
2 Hari Melenggang, Sony Sukses Jual 322 Ribu PS4 di Jepang
5,3 Juta Unit PlayStation 4 Laris Manis di Luar Jepang
Penjualan Konsol Game Melonjak, PlayStation 4 Terlaris!
100 Judul Game Baru Sambangi PS4 Tahun Ini
Microsoft Bakal Rilis Xbox One Murah?
2,1 Juta Copy Game Eksklusif PlayStation 4 Ludes Terjual

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.