Sukses

Tulisan Tangan Lebih Efektif Ketimbang Mengetik di Laptop?

Studi yang dilakukan oleh seorang mahasiswa dan dosen mengungkap bahwa tulisan tangan jauh lebih efektif ketimbang mengetik di laptop.

Liputan6.com, Era penggunaan keyboard fisik dan virtual para perangkat komputer atau smartphone menggeser cara menulis tradisional. Penulisan menggunakan kertas dengan tangan dinilai banyak orang tidak efisien karena perlu diketik ulang.

Namun kenyataannya, studi yang dilakukan oleh seorang mahasiswa dan dosen bernama Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer mengungkap bahwa tulisan tangan jauh lebih efektif ketimbang mengetik di perangkat komputer, seperti laptop.

Setidaknya perangkat di atas sangat tidak kondusif jika digunakan di dalam kelas. Penelitian ini dimulai ketika Mueller lupa untuk membawa laptop miliknya ke kelas dan bukannya merasa lesu dan bosan, ia malah menemukan sesuatu yang berbeda. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (7/5/2014).

Kemudian tanpa rasa ragu, Mueller menemui Oppenheimer, dosennya, untuk melakukan studi tentang hal itu. Walhasil, saat mencatat materi kuliah di kelas menggunakan pena dan kertas, mahasiswa mampu mengingat pelajarah dengan lebih baik ketimbang mengetik catatan pada laptop.

"Mereka yang mengetik dengan menggunakan pena dan kertas sebagian besar mampu menyerap materi kuliah. Sementara mereka yang mencatat menggunakan laptop banyak yang tidak mengerti apa yang mereka tulis," kata Mueller.

Penelitian ini melibatkan beberapa mahasiswa saat mereka menonton video atau TED conference yang ditugaskan untuk menulis catatan dengan baik baik melalui tulisan tangan dan laptop.

Hasilnya, mereka yang membuat catatan dengan tulisan tangan lebih dapat menyerap materi video ketimbang menggunakan laptop. Hal itu karena mereka yang menggunakan laptop cenderung lebih menyerap kata-kata yang keluar dari speaker.

Video Terkini