Sukses

Microsoft Pangkas Harga Lisensi Windows Phone 8

Kendati mendapat potongan harga, Microsoft menjamin masih akan menyertakan sejumlah aplikasi fungsional andalan.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft terlihat makin serius di sektor pasar perangkat mobile. Setelah sukses mengakuisisi divisi perangkat Nokia, kini Microsoft dilaporkan telah memangkas lisensi sistem operasi mobile teranyarnya, Windows Phone 8.1. Langkah itu mereka lakukan guna menarik semakin banyak vendor perangkat yang akan mengadopsi Windows Phone 8.1.

Melalui blog resmi Windows, juru bicara Microsoft Brandon LeBlanc menjelaskan bahwa pemangkasan harga lisensi memungkinkan vendor untuk memproduksi ponsel Windows Phone 8.1 berharga terjangkau.

Kendati mendapat potongan harga, namun LeBlanc tetap menjamin tidak akan ada pengurangan fasilitas di Windows Phone 8.1. Microsoft masih akan menyertakan sejumlah aplikasi fungsional andalan seperti Office, mesin pencari Bing, dan browser Internet Explorer secara default.

"Kami berharap di kemudian hari akan ada banya perangkat berharga terjangkau yang telah dilengkapi dengan Windos Phone 8.1. Dan kami tetap akan menawarkan mesin pencarian Bing dan browser Internet Explorer secara default," tulis LeBlanc di blog resmi Windows seperti yang dilansir Business Insider, Sabtu (24/5/2014).

Kehadiran update sistem operasi Windows Phone 8.1 sendiri sebelumnya telah dikabarkan berhasil mencuri perhatian sejumlah vendor perangkat mobile.

Selain Samsung, laman The Verge mencatat sudah ada sekitar 11 produsen lain di dunia yang akan turut serta yaitu Gionee, HTC, Huawei, Karbonn, Lenovo, LG, Nokia, Samsung, Xolo, ZTE, Micromax, dan Prestigio.

Windows Phone 8.1 hadir dengan sejumlah fitur unggulan. Beberapa di antaranya adalah dukungan fitur USB On The Go (OTG) yang memungkinkan penggunanya untuk mencolokkan perangkat eksternal seperti flashdisk, atau pun keyboard melalui konektivitas USB yang tersedia.

Lalu ada fitur anyar bernama 'Action Center' yang serupa dengan fitur 'Notification Center' pada sistem operasi Android. Disertakan juga fitur 'WiFi Sense' dan fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara yang disebut 'Cortana'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini