Sukses

Keindahan Rutinitas Monoton dalam Sorotan Kamera

Setiap orang memiliki gambaran berbeda soal bagaimana mengabadikan rutinitas di dalam sorotan kamera.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki gambaran berbeda soal bagaimana mengabadikan rutinitas di dalam sorotan kamera. Kreator cinemagraph, Julien Douvier, memiliki penilaian sendiri mengenai rutinitas yang disalurkan dalam karyanya.

Bagaimana cara Anda memotret rutinitas dalam kamera? Hal ini menjadi pertanyaan Douvier pada akhir tahun lalu. Hingga akhirnya dia menemukan jawaban yang sederhana: barangkali tidak ada yang lebih rutin dibandingkan perjalanan kita di pagi hari untuk bekerja. 

Setelah itu, dia mulai menuangkan pemikiran dengan caranya sendiri yaitu fotografi dengan sentuhan gerakan atau videografi dengan sentuhan 'kesunyian', atau dengan kata lain cinemagraph. Cinemagraph adalah foto-foto statis, yang di dalamnya terdapat gerakan kecil dan terjadi berulang-ulang.

"Suatu hari, saya sadar telah membuat perjalanan yang sama setiap hari selama hampir empat tahun. Bangun di jam yang sama, mengambil rute yang sama di jalan yang sama, dan berjalan di pinggir jalan di depan gedung yang sama," tulis Douvier seperti dilansir Peta Pixel, Selasa (03/01/2015).

Karya Douvier ini dituangkannya dalam sebuah proyek bertajuk Routine.



"Pekerjaan ini adalah tentang pengulangan, hadir dalam berbagai bentuk gambar, tidak hanya orang-orang yang berjalan dalam irama, tapi juga bangunan penuh dengan geometris, berirama, dan berulang-ulang. Karena hidup adalah tentang ritme," ungkap Douvier.

Untuk melihat karya Douvier lebih lengkap, klik di sini.

(din/dew)

Video Terkini