Sukses

Mengenal Qajoo Studio, Developer Lokal Perancang Game Kurusetra

Qajoo Studio (Jeko Iqbal Reza/ Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda para gamer yang menyukai mobile game dengan genre Strategy RPG dan sejenisnya, kini saatnya Anda mencoba memainkan game terbaru yang hadir untuk iOS, Kurusetra: The Mighty War.

Kurusetra merupakan game buatan developer lokal Qajoo Studio yang rupanya pertama kali menghadirkan mobile game bergenre Strategy RPG dengan mengangkat latar belakang kultur Indonesia sebagai elemen utama.

Alexander Budiman, founder sekaligus CEO Qajoo Studio menjelaskan visinya dalam menghadirkan seri game dengan latar belakang kultur Indonesia.

"Awalnya saya memang tertarik dengan sejarah Indonesia. Saya ingin menyadarkan masyarakat bahwa untuk bisa mengenal budaya Indonesia ternyata juga bisa lewat bermain game," kata Budiman. 

Qajoo Studio sendiri merupakan studio kreatif yang menghasilkan karya-karya digital, seperti game dan juga cerita rakyat Indonesia. "Ada sekitar 20 orang yang menjadi tim inti dalam pembuatan game Kurusetra," ungkap Ariel, Chief Creative Officer Qajoo Studio di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

Proses pembuatan Kurusetra sendiri memakan waktu 1,5 tahun dan melibatkan tangan kreatif anak bangsa. Mulai dari copy writer, story board artist, programmer, multimedia designer, front end developer dan 3D artist yang menetap di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Lebih lanjut, Ariel menjelaskan suka duka timnya ketika mengembangkan game ini. Qajoo Studio rupanya pernah mengalami kesulitan, dimana mereka harus membuat 2.000 potongan animasi dan juga 70 jenis sound effect dengan mengadaptasi efek suara asli dan diolah sendiri guna menghadirkan kekayaan musik asli Indonesia.

"Kurusetra tidak diciptakan untuk dimainkan selama 24 jam, tetapi bisa menjadi `teman` yang menyenangkan saat mengisi waktu senggang ataupun ketika bosan," tambah Ariel.

Well, dilihat dari prosesnya yang begitu kompleks dan penuh dengan kerja keras, semoga saja Qajoo Studio dengan game Kurusetra-nya menjadi hits di kalangan mobile gamer.

Anda bisa mengunduh Kurusetra secara gratis di Apps Store dan dapat dimainkan di iPhone serta iPad kesayangan Anda. 

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.