Sukses

Evercoss Kuasai Pasar Smartphone Indonesia

Brand nasional yang menguasai pasar smartphone di Indonesia pada kuartal satu 2015 adalah Evercoss.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara. Tak heran jika banyak produsen smartphone dari luar negeri dan juga lokal memasarkan produk-produknya di sini.

Khusus untuk vendor lokal, berdasarkan hasil lembaga riset Counterpoint, brand nasional yang menguasai pasar smartphone di Indonesia pada kuartal satu 2015 adalah Evercoss. Vendor lokal ini menguasai 13,1% pangsa pasar, disusul Smartfren 12,9 % dan Advan 7,1 %.

Sedangkan untuk pangsa pasar gabungan antara feature phone dan smartphone, Evercoss mendominasi pasar dengan porsi 18,2 %, disusul Mito 8,5 % dan Smartfren 6,7 %.

"Sebagian besar permintaan smartphone masih berada pada kisaran harga US$ 50 (sekitar Rp 665.000) hingga US$ 100 (sekitar Rp 1,33 juta), yang kini terhitung hampir setengah dari total penjualan smartphone di Indonesia," ungkap Research Senior Consultant Counterpoint, Tina Lu.

Data yang diungkap lembaga riset GFK juga senada dengan Counterpoint. Pada kuartal satu 2015, Evercoss menduduki peringkat satu untuk pasar smartphone dengan rentang harga Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta. Evercoss berhasil memasarkan 2,914 juta unit.

Sementara itu menurut data yang rilis pihak Perindustrian, Evercoss menduduki peringkat nomor satu untuk brand nasional dalam jumlah pengapalan ponsel terbanyak yakni 14,07 %, disusul Advan 6,26 %, Smartfren 6,05% dan Mito 5,54%.

Chief Marketing Officer Evercoss, Ricky Tanudibrata bangga dengan prestasi yang diraih Evercoss ini. Menurutnya ini tidak lepas dari kualitas untuk menciptakan produk yang lebih baik sehingga Evercoss dipercaya oleh konsumen Indonesia.

"Kami sangat concern terhadap kualitas dan harga terjangkau. Paradoks marketing ini menjadi ciri khas kami. Bahwa kami bisa memproduksi produk berkualitas yang berdaya saing. Kami juga sudah memiliki pabrik di Semarang dan laboratorium untuk menguji ketahanan smartphone kami," ungkap Ricky dalam keterangannya, Selasa (23/6/2015).

Prestasi tersebut, lanjut Ricky, merupakan salah satu bukti bahwa konsumen di Indonesia sudah teredukasi dengan baik. Sebab mereka memilih smartphone sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.

Smartphone yang beredar dan menjadi andalan Evercoss saat ini adalah Evercoss One X, Winner T, Elevate Y, Elevate Y Power, Winner X, Winner AT7A, Winner Y, Tab V.

Beragam program juga digelar untuk menaikkan penjualan. Di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) mislanya, Elevate Y dijual seharga Rp 999.900 dari harga sebelumnya Rp 1,3 juta, dengan bonus gratis powerbank dan merchandise menarik.

(dew)